Main Video Game Ternyata Bikin Otak Semakin Pintar

11 December 2017 by
Main Video Game Ternyata Bikin Otak Semakin Pintar

Video game selama ini dianggap dapat berefek negatif karena biasanya mengandung adegan kekerasan. Namun, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOSONE menemukan, main video game ternyata bisa meningkatkan kecerdasan.

Peneliti mencontohkan video game yang terbukti mendatangkan efek positif bagi otak, yakni Super Mario 64. Hasil analisis peneliti menemukan, bermain game ini dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat.

"Video game 3D mendorong hippocampus untuk membuat peta kognitif atau lingkungan virtual yang akan dijelajahi," kata penulis studi Gregory West, dari University of Montreal.

Untuk mendapatkan temuan ini, West dan rekan-rekannya melakukan percobaan selama enam bulan dan melibatkan 33 orang dewasa yang ditugaskan secara acak untuk bermain game Super Mario 64 di konsol game Nintendo Wii dan bermain piano. Untuk memahami bagaimana permainan memengaruhi otak peserta, peneliti meminta responden menjalani pemindaian MRI dan melakukan tes kinerja kognitif.

Hasil pemindaian MRI mengungkapkan, mereka yang bermain Super Mario 64 memiliki peningkatan jumlah materi abu-abu di dua wilayah otak antara lain hippocampus dan serebelum, dibandingkan mereka yang bermain piano. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, masalah abu-abu di otak kita menurun.

"Kabar baiknya adalah bahwa kita dapat membalikkan efek tersebut dan meningkatkan volume otak dengan mempelajari sesuatu yang baru. Permainan seperti Super Mario 64, yang mengaktifkan hippocampus, tampaknya memiliki beberapa potensi dalam hal itu," kata West.

Meskipun penulis mencatat penelitian selanjutnya diperlukan, mereka berharap hasil penelitian ini dapat membantu banyak orang memahami penyakit Alzheimer dengan lebih baik. Alasannya otak yang terus dilatih dengan stimulasi permainan tertentu seperti video game bisa memperlambat risiko pikun atau Alzheimer.

Peserta dalam kelompok video game juga menunjukkan tanda-tanda peningkatan memori, yang dinilai melalui tes yang melibatkan penghitungan urutan suara. Sebuah studi tahun 2015 di antara para peserta yang lebih muda, memiliki hasil yang sama dengan penelitian saat ini. (Nypost)

 

Games 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
100%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
79 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rizka 21 August 2018 | 14:51:43

suatu hal itu ada kerugian dan juga keuntungannya. tetep semangat aja maen gamenya. siip

Dika Saputra 21 August 2018 | 12:37:17

jsjwjsjdjd wjdjwjdjwj dkakakqq djejddwk

Wira Nata 21 August 2018 | 11:25:15

cara bikin nama bayi islami Muslim adalah

Muhammad Alfahrezi 21 August 2018 | 11:13:04

ftsebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOSONEmenemukan

Januar Pamungkas 21 August 2018 | 09:28:56

bener nih tujian nya emang kaya beljar jadi pro player

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top