icon-category Health

Awas, Makanan Ini Bikin Kentut Kamu Bau Menyengat

  • 09 Mar 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id-Anak-anak barangkali akan terkekeh saat membicarakan tentang “kentut”, sementara orang dewasa mungkin akan malu bila mereka benar-benar kentut di tengah banyak orang dan berpura-pura tidak pernah terjadi. Tapi, kadang, kentut dengan bau menyengat sulit diabaikan.

    Banyak orang tidak tahu banyak tentang kentut, padahal ini merupakan proses alami pada tubuh. Kentut merupakan kombinasi dari dua hal, yaitu udara yang kamu telan (lewat makan yang terlalu cepat) dan makanan yang kamu makan. Demikian kata David Poppers, M.D., Ph.D., ahli gastrologi di NYU Langone Health, seperti Uzone.id kutip dari Men’s Health.

    Kentut merupakan hal normal dan sehat. Tapi kentut juga juga sangat merepotkan bila mengeluarkan bau menyengat. Berdasarkan Men’s health, ada beberapa makanan yang bikin kentut benar-benar bau. Apa saja makanan itu?

    Brokoli dan kembang kol

    Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis mengandung serat yang merupakan karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti kebanyakan komponen makanan lainnya, serat tiba di usus besar secara utuh.

    Mayoritas bakteri di saluran pencernaan hidup di usus besar. Bakteri memiliki kapasitas untuk memanfaatkan serat menjadi energi, namun hasil sampingan dari hal ini adalah gas.

    Oats dan seluruh roti

    Oats dan seluruh roti juga sama seperti sayuran di atas, yaitu tinggi serat. Kamu mungkin tidak ingin melewatkan makanan kaya serat ini, karena baik untuk jantung, pencernaan, dan berat badan. Minum cukup air dapat membantu perut yang penuh dengan gas.

    Apel, pisang, dan pir

    Berdasarkan Men’s Health, buah tinggi akan gula alami, seperti fruktosa. Meski tidak umum, beberapa orang mengalami kembung akibat makan buah, karena sistem pencernaan tubuh tidak menghancurkan semua gula dari buah dengan benar. Sisanya menjadi makanan bagi bakteri di usus besar, dan menghasilkan gas sebagai produk sampingan.

    via GIPHY

    Susu, keju, dan yoghurt

    Susu mengandung sejenis gula yang disebut laktosa. Namun banyak orang mengalami kesulitan dalam mencernanya, karena tubuh mereka tidak memiliki cukup enzim laktase untuk memproses laktosa.

    Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan kembung, atau bahkan sembelit. Sementara itu, keju dan yoghurt merupakan produk turunan dari susu yang bisa menimbulkan efek yang sama.

    Kacang

    Sebagian besar kacang mengandung serat yang tinggi dan gula yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Bakteri di usus akan memecah gula dan menghasilkan berbagai macam gas, seperti hidrogen, metana, dan bahkan belerang (yang bertanggung jawab atas bau kentut yang menyerupai telur busuk).

    Minuman berkarbonasi

    Masih dari sumber yang sama, minuman berkarbonasi bisa membuat kamu kembung, karena menelan udara ekstra saat meminumnya. Udara ini terjebak di dalam saluran pencernaan. Pada akhirnya, udara ini harus dilepaskan melalui kentut atau serdawa.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini