home ×
Gadget

Makin Canggih, Drone di Masa Depan Bisa Merekam Video 8K

21 January 2021 By
Makin Canggih, Drone di Masa Depan Bisa Merekam Video 8K
Share
Share
Share
Share

DJI Drone (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Nama produsen chip Ambarella mungkin masih asing di telinga, dibanding ketika kita mendengar nama-nama Intel, AMD atau Qualcomm yang lebih familiar.

Ambarella lebih dikenal sebagai prosesor perekam atau kamera video, yang mungkin sebenarnya kamu pernah punya atau gunakan, atau minimal pernah lihat beberapa produknya.

Salah satu produk yang menggunakan SoC (system-on-chip) ini adalah alarm.com untuk produk bel pintu dengan video layar sentuh mereka yang dipamerkan di event Consumer Electronics Show (CES) 2021.

Di acara ini, Ambarella mengumumkan prosesor kecerdasan buatan (AI) generasi berikutnya yang dapat merekam video 8K hingga 60 frames per second (60 fps) atau empat kali 4K video streams.

Procesor Ambarella CV5 SoC terbaru dibuat dari gabungan proses 5nm dengan engine AI pembuat chip bernama CVFlow, dengan dual Arm A76 CPU yang bisa membuat video recording 8K hanya dengan daya kurang dari dua watt.

Baca juga: Review DJI Mini Mavic 2

Dengan kemampuan proses yang cepat dan konsumsi daya yang rendah membuat baterai kamera lebih hemat.

Prosesor ini membuat drone tidak hanya bisa menghasilkan foto atau video 8K, tetapi juga tersedia fitur deteksi dan penghindaran objek, fitur pelacak, hingga mengatur jalur terbang.

Bukan hanya untuk drone, CV5 juga mendukung perangkat kecil seperti action cam dan kamera 360 seperti Insta360 One X2 yang bisa merekam video hingga 8K pada 30pfs atau 4K pada 240pfs.

Selain itu tersedia juga dukungan pemrosesan HDR yang membuat gambar lebih stabil meski di tengah kondisi cahaya yang ekstrem.

Baca juga: Perkenalkan, Mobil Terbang Asal China


Fitur AI dalam chip ini juga bisa memproses face tracking, time-lapse video, hingga fotografi dengan ISO tinggi dalam waktu bersamaan. Super canggih.

Eits, jangan senang dulu, karena chip teranyar Ambarella ini baru bisa digunakan setidaknya satu tahun dari sekarang sampai chip ini tersedia secara massal.

Itu artinya, mungkin kita bisa menunggu drone atau kamera action dengan teknologi CV5 di akhir tahun ini, atau paling tidak di awal tahun 2022. Sabar Guys.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article