icon-category Digilife

Makin Disukai, Tren Podcast di Indonesia Terus Meningkat

  • 21 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Austin Distel/Unsplash

    Uzone.id - Aktivitas masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi hiburan secara online dan virtual semakin meningkat ketika pandemi berlangsung.

    Berbagai aktivitas seperti streaming film, mendengarkan musik, nonton konser online dan lainnya menjadi kegiatan yang saat ini mudah dilakukan. Sayangnya, masyarakat mengalami masalah baru.

    Peningkatan kegiatan online sangat berdampak pada kesehatan mata, hal inilah yang memunculkan screen fatigue atau eye strain, atau kelelahan mata akibat membaca atau melihat layar elektronik seperti layar smartphone, komputer atau TV dalam waktu lama.

    Penggunaan format hiburan lain menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi aktivitas menatap layar smartphone atau TV terlalu lama. Salah satunya konten hiburan dalam bentuk audio yang perkembangannya meningkat pesat dan dinamis. 

    Berbeda dengan konten visual, hiburan dalam bentuk audio bisa dinikmati saat melakukan aktivitas lain dan yang paling penting, bisa dinikmati tanpa perlu menatap layar.

    Baca juga: Spotify Tambah Fitur Rating Bintang 5 Untuk Podcast

    Podcast menjadi salah satu hiburan audio yang kini menjadi primadona baru bagi para penikmat hiburan secara online. Siaran audio on-demand ini bisa didengarkan kapanpun dan dimanapun.

    Tren podcast di Indonesia pun semakin menunjukkan pertumbuhan yang positif. Menurut laporan Digital 2021 dari We Are Social & Hootsuite, lebih dari 58 persen pengguna internet Indonesia usia produktif mendengarkan podcast setiap bulannya.

    Podcast membawa topik-topik beragam, mulai dari obrolan ringan yang menghibur, inspiratif bahkan hingga isu-isu terkini dengan format kekinian yang dapat dinikmati masyarakat khususnya milenial.

    “Tak hanya dari pendengar yang diajak untuk berimajinasi dalam menikmati konten audio  tersebut, hiburan serta konten yang hanya dibawakan dalam format audio ini pada akhirnya memancing kreativitas para konten kreator dalam melakukan storytelling dan memilih topik-topik menarik untuk diangkat,” kata Rado Ardian, CEO NOICE dalam pernyataan yang diterima Uzone.id, Senin, (20/12/2021).

    Sebagai platform audio streaming lokal, NOICE juga mencatat rata-rata pengguna menghabiskan waktu untuk mendengarkan konten audio di aplikasinya mencapai lebih dari 60 menit setiap harinya.

    Baca juga: Platform Podcast Lokal NOICE Punya Fitur Mirip Clubhouse

    Di NOICE sendiri, para pendengar banyak mendengarkan podcast populer yang berisi konten ringan atau komedi seperti Ha Ha Land, Onad Danang Meet  Everybody, hingga genre religi seperti Berbeda tapi Bersama.

    Sayangnya, Rado mengatakan bahwa platform yang menghadirkan konten audio non-musik berkualitas di Indonesia masih sangat terbatas.

    “Semakin banyak alternatif, semakin banyak pula pilihan masyarakat untuk mencari hiburan dan mengatasi kejenuhan. Untuk itulah NOICE hadir sebagai platform konten audio dengan fitur terlengkap seperti podcast, radio, audiobook, dan live audio serta mengangkat beragam konten lokal menarik dan unik,” ungkap Rado.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini