icon-category Digilife

Makin Ketat, Anak-Anak di China Cuman Bisa Main Ponsel 2 Jam Sehari

  • 07 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – China semakin memperketat penggunaan perangkat ponsel untuk pengguna di bawah umur.

Menghindari fenomena kecanduan gadget yang sering terjadi pada anak-anak, tim Cyberspace Administration of China (CAC) mengusulkan rancangan aturan baru yang akan membatasi waktu telepon anak-anak di bawah 18 tahun.

Lebih detailnya, anak-anak yang berusia 16 hingga 17 hanya akan mendapat waktu bermain ponsel 2 jam saja. Untuk anak usia 8 tahun hingga 15 tahun akan dibatasi jadi satu jam per hari dan mereka yang berusia di bawah 8 tahun hanya bisa main ponsel selama 40 menit saja.

Selain membatasi waktu, CAC juga akan mengatur waktu larangan bermain gadget dan membatasi konten yang ditonton oleh anak-anak sesuai dengan umur mereka.

Dilansir dari Engadget, draf ini akan melarang penggunaan ponsel dari pukul 10 malam hingga 6 pagi. 

Ponsel anak-anak juga harus memiliki mode yang mudah diakses sehingga orang tua bisa membatasi apa yang dilihat oleh anak-anak dan memberikan izin kepada penyedia internet untuk menampilkan konten yang sesuai dengan usianya.

Anak di bawah 3 tahun (Batita) hanya bisa mengakses lagu atau konten bentuk audio lain. Sementara yang berusia 12 tahun ke atas hanya bisa mengakses konten pendidikan dan berita saja dengan beberapa pengecualian.

Draf ini diketahui masih terbuka untuk pendapat lainnya dan belum terjamin akan diterapkan. Namun, melihat ketatnya peraturan gadget di kalangan anak-anak, apalagi dalam hal game, ponsel, dan media sosial, tidak menutup kemungkinan kalau China akan menerapkan peraturan ini.

China sendiri sudah membatasi anak muda mereka dalam bermain video game online, dimana mereka hanya bisa bermain game selama tiga jam per minggu, itu pun hanya bisa dilakukan pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini