icon-category Digilife

Makin Sering Muncul, YouTube Uji Coba 10 Iklan Tanpa Skip?

  • 17 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: CardMapr.nl/Unsplash

    Uzone.id - Setelah uji coba 5 iklan dalam satu video, YouTube dikabarkan sedang menguji sebanyak 10 iklan dalam satu video, tanpa skip pula.

    Beberapa pengguna kembali mengeluhkan jumlah iklan yang tak bisa diskip secara berturut-turut sebelum video dimulai. Iklan ini bisa berdurasi beberapa detik bahkan paling lama mencapai beberapa menit. 

    Beberapa hari lalu pengguna juga mengeluhkan isu yang sama, bedanya, iklan yang muncul saat ini berjumlah lebih dari 5 bahkan 10 iklan.

    Biasanya, iklan yang panjang memiliki opsi untuk di-skip, tapi di uji coba kali ini YouTube menghilangkan opsi tersebut.

    Dilansir dari SamMobile, Jumat, (16/09) beberapa utas di Reddit dan bahkan YouTube melaporkan kalau iklan YouTube muncul lebih dari 10 kali dalam satu video. Bahkan, laporan ini semakin dikeluhkan pengguna YouTube.

    Salah satu yang bisa membuat pengguna YouTube sedikit tenang adalah durasinya. Ya, walaupun jumlah iklan yang muncul semakin banyak, tapi durasi per iklannya dikabarkan hanya sekitar 5 sampai 6 detik saja.

    Baca juga: Iklan YouTube Bakal Muncul Lebih Sering dan Gak Bisa Di-skip

    Jadi, jika dihitung, durasi iklan dari 10 iklan yang tidak dapat dilewati akan berlangsung sekitar 60 detik.

    Sementara itu, karena masih pengujian, percobaan 10 iklan tanpa skip ini hanya dirasakan beberapa pengguna YouTube gratis saja.

    YouTube juga belum terang-terangan mengakui adanya uji coba ini. Namun, salah satu akun Twitter resmi dari YouTube yaitu @TeamYouTube sempat membalas salah satu keluhan dari pengguna.

    YouTube mengatakan kalau kalau ini adalah ‘Iklan Bumper’, sebuah format yang muncul di awal video dan berisi beberapa iklan singkat.

    Jika tak ingin merasakan iklan yang makin sering, salah satu caranya adalah dengan berlangganan YouTube Premium yang disediakan oleh YouTube.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini