home ×
Technology

Makin Seru, Lihat Gerhana Bulan Total Pakai Aplikasi Ini

04 July 2018 By
Makin Seru, Lihat Gerhana Bulan Total Pakai Aplikasi Ini
Share
Share
Share
Share

Gerhana Bulan Total dikabarkan akan terjadi pada 28 Juli mendatang dengan durasi totalitas selama 1 jam 43 menit di seluruh langit Indonesia. Durasi Gerhana Bulan Total kali ini disebut sebagai durasi terpanjang di abad ke-21. Hal itu pastinya membuat fenomena alam ini menjadi langka dan istimewa.

Untuk mengamati Gerhana Bulan Total saat terjadi nanti, akan lebih seru jika menggunakan aplikasi peta langit untuk mengidentifikasi gerhana. Beberapa dari aplikasi ini telah didukung dengan teknologi Augmented Reality (AR), sehingga pengguna bisa mengarahkan kamera ponsel ke arah langit tertentu dan menemukan posisi benda langit secara real time dan dengan tepat.

Berikut ini lima aplikasi peta langit yang bisa dimanfaatkan untuk melihat Gerhana Bulan Total yang dirangkum Suara.com dari berbagai sumber:

1. Star Walk 2 Free

Aplikasi peta langit, Star Walk 2 Free. [Google Play Store]
Aplikasi peta langit, Star Walk 2 Free. [Google Play Store]

Dikembangkan oleh Vito Technology, aplikasi Star Walk 2 ini merupakan panduan astronomi yang hebat untuk menjelajahi langit baik siang maupun malam. Aplikasi ini bisa menemukan dan mengamati planet, asteroid, komet, ISS, Hubble Space Telescope, rasi bintang, bintang, dan benda langit lainnya secara real time. Yang perlu dilakukan hanyalah mengarahkan ponsel ke arah langit.

Ada banyak objek dan peristiwa astronomi yang bisa dipelajari dalam aplikasi ini antara lain bintang dan rasi bintang, badan-badan tata surya seperti planet, Matahari, Bulan, planet kerdil, asteroid, dan komet, benda luar angkasa seperti Nebula dan galaksi. Tak hanya itu, hujan meteor, konjungsi, bahkan satelit pun bisa dipelajari.

Aplikasi ini menyediakan fitur teleskop astronomi interaktif yang menunjukkan peta langit berbintang di layar ponsel kapanpun pengguna mengarahkan perangkatnya ke arah langit. Untuk menavigasi, pengguna cukup menggeser tampilan di layar ke segala arah, memperkecil dengan mencubit bagian layar, dan memperbesar dengan merentangkannya kembali.

Di bagian kanan atas terdapat ikon jam yang memungkinkan pengguna memilih waktu dan tanggal dan dapat menonton langit malam dengan gerakan cepat baik di waktu yang sudah berlalu maupun yang akan datang. Aplikasi ini dapat diunduh di Android baik secara gratis maupun berbayar dan iOS dengan membayar sekitar 2 dolar.

 

Berita Terkait:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id