Makin Tua, Wanita Makin Puas Bercinta

13 January 2018 by
Makin Tua, Wanita Makin Puas Bercinta

Uzone.id - Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, San Diego School of Medicine, dan The Veterans Affairs San Diego Healthcare System menyebutkan bahwa kepuasan seksual seorang wanita justru meningkat di usia tua meski hasratnya menurun.

Tim peneliti mengevaluasi aktivitas seksual dan kepuasan 806 wanita yang termasuk ke dalam Rancho Bernardo Study (RBS), sekelompok wanita yang tinggal di daerah San Diego, yang kesehatannya telah dipantau untuk penelitian medis selama 40 tahun.

Studi ini mengukur prevalensi aktivitas seksual saat ini, karakteristik yang terkait dengan aktivitas seksual termasuk demografi, kesehatan, dan penggunaan hormon, frekuensi gairah, orgasme dengan pelumasan, dan hasrat seksual serta kepuasan pada wanita yang lebih tua.

Usia rata-rata sampel dalam penelitian ini adalah 67 tahun dan 63 persen diantaranya telah menopause. Setengah dari responden dilaporkan memiliki pasangan yang aktif secara seksual dalam 4 minggu terakhir.

Meski aktivitas seksual menurun seiring bertambahnya usia, sebanyak 67,1 persen wanita masih aktif secara seksual dan hampir selalu mencapai orgasme. Wanita termuda dan tertua dalam penelitian ini dilaporkan memiliki frekuensi tertinggi dalam kepuasan orgasme.

Sementara, 40 persen dari semua wanita menyatakan bahwa mereka tidak pernah atau hampir tidak pernah merasakan hasrat seksual setelah usia 40 tahun, dan sepertiga dari wanita yang aktif secara seksual dilaporkan memiliki hasrat seksual rendah.

"Meskipun terdapat hubungan antara gairah seksual dan fungsi seksual, hanya 1 dari 5 wanita aktif seksual yang melaporkan bahwa ia mempunyai hasrat seksual tinggi," kata pemimpin penelitian sekaligus Chief of Division of Epidemiology, Department of Family and Preventive Medicine, University of California, San Diego School of Medicine Professor Elizabeth Barrett-Connor, MD kepada Times of India, Sabtu (13/1/2018).

Lebih lanjut Prof Connor menjelaskan, hasil ini menunjukkan bahwa wanita terlibat dalam aktivitas seksual untuk beberapa alasan, yang mungkin termasuk penegasan atau kelangsungan hubungan.

Terlepas dari status pasangan atau aktivitas seksual, 61 persen dari semua wanita dalam kelompok ini merasa puas dengan kehidupan seks mereka secara keseluruhan. Meskipun usia yang lebih tua memicu penurunan gairah seksual, namun lebih dari separuh wanita di atas 80 tahun hampir selalu mengalami kepuasan seksual.

"Dalam studi yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine ini, aktivitas seksual tidak selalu diperlukan untuk kepuasan seksual. Mereka yang tidak aktif secara seksual mungkin telah mencapai kepuasan seksual melalui sentuhan, belaian, atau keintiman lainnya yang dikembangkan selama hubungan jangka panjang," kata peneliti yang juga penulis jurnal ilmiah Susan Trompeter.

Kedekatan emosional dan fisik dengan pasangan mungkin lebih penting daripada sekedar mengalami orgasme. Pendekatan yang lebih positif untuk kesehatan seksual wanita yang berfokus pada kepuasan seksual mungkin lebih bermanfaat bagi mereka. 

Mau dapat pulsa gratis dari uzone.id? Simak caranya pada tautan berikut ini.

3 Comments in this article

Submit
dedy ardinsyah 14 January 2018 | 22:41:56

Waow, baru tau.thanks info nya.

Ma'ruf Afrul 14 January 2018 | 08:23:47

keren

Ma'ruf Afrul 14 January 2018 | 07:14:47

keren sekali

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top