icon-category Health

Ini Manfaat yang Anda Dapat saat Bersepeda Off-road

Bagikan :

Mungkin Anda sudah jagonya bersepeda di trek lurus dan permukaan yang halus. Jika Anda berpikir bahwa ini saatnya untuk mencoba hal baru, Anda tentu ingin mencoba tantangan trek bersepeda yang lebih ekstrem.

Salah satu pilihan yang patut Anda coba adalah bersepeda off-road. Selain memuaskan hasrat akan tantangan, ada beragam manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari jenis olahraga ini.

1. Melatih makin banyak bagian tubuh.

Bersepeda merupakan salah olahraga kardiovaskuler terbaik yang populer. Selain melatih sistem peredaran darah, bersepeda juga efektif membentuk otot tubuh – terutama tubuh bagian bawah.

Manfaat itu juga dapat Anda peroleh dengan bersepeda off-road, tapi dengan tantangan medan yang lebih bervariasi sehingga makin banyak otot tubuh yang dilatih saat posisi tubuh berubah-ubah mengikuti medan.

2. Melatih sistem koordinasi tubuh.

Tak hanya sistem kardiovaskuler dan otot yang dilatih saat melakukan sepeda off-road, sistem koordinasi tubuh akan terlatih. Anda akan menemukan beberapa situasi medan yang menuntut refleks dan keseimbangan kendali, terutama saat melibas medan berbatu atau berlumpur. Hal ini tentu tak Anda peroleh dengan bersepeda santai di perkotaan.

3. Latihan intensitas tinggi.

Saat bersepeda off-road, Anda tak mengayuh sepeda dengan kecepatan stabil. Karena mengikuti medan yang bervariasi, suatu saat Anda harus pelan-pelan dan sesaat kemudian, mengayuh dengan kayuhan eksplosif saat hendak naik tanah berkontur tinggi.

Variasi gerakan ini melatih Anda melakukan latihan berintensitas tinggi yang akan meningkatkan ritme detak jantung Anda sekaligus mengejutkan otot Anda.

4. Menguji ketahanan stamina.

“Selain kemampuan bereaksi cepat, yang terpenting dalam bersepeda off-road, terutama saat mengikuti lomba, adalah ketahanan stamina,” ujar Mark Baines, pelatih fitness. Dengan latihan ini, Anda dapat menemukan batas kemampuan Anda dan meningkatkannya dalam momentum latihan bersepeda off-road selanjutnya.

5. Oksigen ekstra.

Medan bersepeda off-road kebanyakan berada di pinggir kota yang masih belum terjamah oleh polusi. Kondisi ini dapat Anda maksimalkan untuk memeroleh asupan oksigen ekstra sehingga paru-paru tersuplai dengan oksigen yang lebih murni.

6. Berolahraga dan berekreasi secara bersamaan.

Anda takkan bosan berolahraga jika olahraga yang Anda lakukan sekaligus menjadi sarana rekreasi yang menyenangkan. Anda dapat menemukannya saat bersepeda off-road. Pemandangan yang berbeda akan menjadi sarana rekreatif buat Anda.

Tak hanya itu, jenis olahraga ini juga memungkinkan Anda bertemu dan berinteraksi dengan teman-teman baru yang sehobi.

 

Baca juga artikel:

Rantai Bersih, Bersepeda Lancar

Tips Bersepeda di Tanjakan

Tags : Sepeda sport off-road 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini