home ×
Digilife

Mangoespace PT Telkom Juara BUMN Millennial Innovation Summit 2020

30 July 2020 By
Mangoespace PT Telkom Juara BUMN Millennial Innovation Summit 2020
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Mangoespace berhasil menjadi inovasi terbaik dalam BUMN Millennial Innovation Summit 2020 untuk kategori Social Innovation. Mereka berhasil mengalahkan ribuan inovasi lain yang telah disubmit oleh para karyawan milenial dari berbagai perusahaan BUMN di Indonesia.

Sejatinya, ada dua inovasi milik Telkom yang masuk ke dalam babak final BUMN MIS 2020. Selain MangoeSpace, yakni platform berbagi wifi gratis untuk wilayah 3T di Indonesia, ada juga Bigbox yang merupakan end-to-end platform bigdata yang membantu enterprise dalam mentransformasikan data yang kompleks.

Dengan Bigbox, data-data kompleks tersebut bisa diolah sehingga menghasilkan insight yang dapat ditindaklanjuti, sesuai dengan kebutuhan operasional dan bisnis perusahaan. Sedangkan Mangoespace merupakan platform yang memanfaatkan pelanggan satelit untuk bisa berbagi akses internet gratis ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau jaringan telekomunikasi, seperti wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Mangoespace-1

Dikatakan Dimas Aditya Shannon Dei dari Mangoespace, masih banyak warga Indonesia yang kesulitan mengakses internet. Pandemi memaksa kita berjalan ebih cepat tapi kita belum siap.

"Kemudahan akses informasi adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. tidak bisa dipungkiri, kehadiran internet berdampak positif, baik untuk e-learning yang mengisi gap belajar di desa dan kota, sampai telemedicine," ujar Shannon saat presentasi di panggung BUMN MIS 2020, Jakarta, 30 Juli 2020.

Saat ini, kata Shannon, masih ada 9.113 desa 3T yang tak punya akses internet. Inilah yang akan digarap Mangoespace dengan mengandalkan satelit Telkom. Mangoespace adalah memangkas tingginya biaya infrasturktur kerja sama dengan pelanggan satelit Telkom yang saat ini jumlahnya ada 5422 pelanggan.

"Uji coba di Kalimantan Tengah. Bisa internet gratis, dengan cara menonton iklan, sehingga bisa bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Kami butuh bantuan regulasi agar lebih bisa bergerak mengurangi gap pengguna internet di 3T. Dalam lima tahun ke depan, kami harap ada 500 ribu pengguna internet di desa dalam 5 tahun ke depan," ujar Shannon.

BUMN MIS 2020 merupakan ajang temu inovasi dan sekaligus apresiasi bagi para pekerja muda di lingkungan Kementerian BUMN. Event bergengsi ini diharapkan mampu memicu budaya pengembangan teknologi dan pemerataan kemampuan inovasi serta sekaligus memacu milenial untuk berkontribusi dan melakukan perubahan demi BUMN dan Indonesia Maju.

Erick Thohir-1

Dalam pembukaannya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan jika Covid-19 telah mengajarkan masyarakat untuk terus berinovasi, mencari breakthrough. Erick berharap, dengan adanya Covid-19, Indonesia harus bisa menjadi bangsa yang produktif.

"Ada tiga landasan yang kita punya, yakni negara besar, sumber daya alam bagus, dan logistik yang sudah diperbaiki di era Jokowi. Namun kendalanya, kita kurang inovasi. Dalam 5 pilar di BUMN, satu yang paling penting adalah teknologi," ujar Erick.

Millennial pun diharapkan bisa terus menginspirasi BUMN dan mengembangkan inovasi serta teknologi. Erick menegaskan komitmennya untuk memasukkan millennial minimal 5 persen di tubuh BUMN.

"Bandingkan dengan perusahaan lain, kita masih ketinggalan. Kita berharap apa yang kita lakukan hari ini dan seterusnya, millenial BUMN bisa jadi bagian terpenting untuk pergerakan, bisa bersaing dan memenangkan pasar secara sehat, membangun ekosistem yang baik," katanya.

Ada 3 kategori untuk BUMN MIS tahun ini. Untuk kategori Business Strategi dimenangkan oleh PT Rajawali Nusantara dengan inovasi Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu untuk Biopackaging, mengalahkan Perum Perhutani dan PT Perkebunan Nusantara yang juga masuk Grand Final.

Sedangkan untuk kategori Technology Breakthrough, inovasi Avator milik PLN berhasil menjadi juara. Untuk Bigbox PT Telkom menduduki posisi 2 dan teknologi AI di industri konstruksi milik PT Adhi Karya menduduki posisi 3.

Untuk Social Innovation, Mangoespace Telkom keluar sebagai juara, mengalahkan PT Pembangunan Perumahan dan PT Pupuk Sriwidjaya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 30 July 2020 | 20:17:08

manhoespace berhasil menjadi inovasi terbaik

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id