Gadget

Masih Pakai OS Android Gingerbread? Siap-siap Gak Bisa Akses YouTube, Gmail dkk

  • 17 September 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Denny Muller / Unsplash)

    Uzone.id - Mayoritas pengguna smartphone Android mungkin memperbarui ke perangkat baru setelah tiga atau empat tahun dipakai.

    Namun, ada sebagian orang yang senang menggunakan perangkat hingga perangkat tersebut benar-benar tewas.

    Jika kamu jadi salah satu pengguna Android jadul, maka tinggal menunggu ajal saja.

    Google pun akan memblokir beberapa aplikasi utamanya seperti Gmail, YouTube, Google Maps, dan lainnya di versi Android yang lebih lama.

    BACA JUGA: 5 Poin Penting Soal PPKM Diperpanjang: Bioskop Dibuka hingga Ganjil-Genap

    Perusahaan telah mengkonfirmasi rencana untuk memblokir pengguna agar tidak masuk dengan Akun Google mereka di ponsel Android ini.

    Setelah usia masuk 11 tahun, Google akan meninggalkan Android Gingerbread-nya. Mereka menarik versi Android tersebut "sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna kami."

    Pada Februari 2017, Google juga menangguhkan pembayaran nirsentuh Google Pay agar tidak berfungsi pada perangkat apa pun yang menjalankan Android 2.3.

    Sekarang, mulai 27 September 2021, Google telah mengonfirmasi rencana untuk memblokir semua pengguna agar tidak masuk dengan akun Google.

    Pengguna yang mencoba masuk ke perangkat Android mereka akan menerima kesalahan nama pengguna dan kata sandi, meskipun pengguna sudah memasukkan detail yang benar.

    Diketahui, smartphone Nexus S yang dirilis pada Desember 2010 adalah ponsel pertama dari lini Google Nexus yang menjalankan Gingerbread serta yang pertama membawa fitur NFC.

    Selain itu, juga ada lini HTC: Sensation, Salsa, Wildfire S, Desire HD, Incredible S, Samsung Galaxy S2, dan LG Optimus 2X. 

    Google telah mengeluarkan statistik pada April 2020 bahwa sebanyak 0,2 persen dari semua perangkat Android yang mengakses Google Play menjalankan Gingerbread.

    Sebelumnya, WhatsApp juga sudah mengingatkan akan menghentikan kinerjanya pada versi Android tua, yakni Android 2.3 yang dikenal sebagai Gingerbread yang diperkenalkan pada Desember 2010.

    VIDEO: Rangkuman Acara Apple 2021