icon-category Gadget

Masih Perlu Gak Sih Bawa Powerbank Selama Mudik?

  • 27 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Steve Johnson/Unsplash

    Uzone.id - Horeee! Akhirnya kita bisa merasakan lagi euforia mudik di tahun ini setelah 2 tahun absen karena pandemi.

    Meskipun harus macet-macetan di jalan karena semuanya kembali ke kampung halaman, namun ini yang sebenarnya ditunggu-tunggu menjelang lebaran. Perjalanan yang biasanya hanya menghabiskan sekitar dua jam, bisa ngaret sampai 4 jam karena macet.

    Oleh karena itu, sang pemudik harus mempersiapkan segalanya. Mulai dari perlengkapan, bekal makanan untuk ngemil dan untuk berbuka puasa, dan pastinya gadget untuk hiburan.

    Kita semua tahu, makin ke sini brand ponsel di Indonesia semakin rajin menghadirkan kapasitas baterai jumbo di tiap lini produknya tanpa pandang harga. Ponsel entry-level di kelas Rp1-2 jutaan saja baterainya bisa mencapai 4.000 sampai 5.000 mAh.

    Sudah baterai besar, kultur bekerja saat ini juga masih banyak yang hybrid antara WFH dan WFO. Mobilisasi yang berbeda dari zaman sebelum pandemi membuat kita jadi terbiasa tanpa kehadiran jimat kecil, alias powerbank. 

    Meski merasa ponsel sudah full battery dan punya kapasitas baterai yang besar, tapi untuk jaga-jaga biar gadget on terus, powerbank tampaknya masih jadi barang yang wajib kalian bawa saat perjalanan jauh. 

    Baca juga: Jelang Lebaran, Telkom Pastikan Jaringan Prima dari Sabang Sampai Merauke

    Apalagi saat di perjalanan bawaannya ingin main gadget terus untuk menghilangkan rasa bosan, jadinya smartphone yang diklaim awet hingga 2 hari pun bakal gampang habis karena intensitas pemakaian yang cukup tinggi.

    Tapi, penggunaan powerbank juga perlu diperhatikan, jangan sampai kita lalai dan malah membahayakan.

    Apa saja yang harus kita perhatikan saat menggunakan powerbank di dalam kendaraan saat perjalanan jauh?

    Pertama, usahakan untuk menghindari suhu yang tinggi ketika menggunakan powerbank, apalagi saat di dalam kendaraan. Baterai dari powerbank biasanya terbuat dari Lithium rawan terjadi percikan api dari hasil kontak antara udara dan juga lithium.

    Oleh karena itu, usahakan jangan sampai meninggalkan powerbank di dalam kendaraan, termasuk di bagasi motor ya.

    Kedua, agar power bank awet digunakan saat perjalanan jauh, hindari penggunaan smartphone saat melakukan isi baterai menggunakan powerbank. Hal ini menyebabkan arus pada powerbank menjadi tidak stabil, yang akhirnya akan berdampak buruk pada gadget kalian.

    Baca juga: Cara Mudah Merawat AC Mobil, Biar Tetap Nyaman Dalam Perjalanan

    Ketiga, pastikan daya yang ada di powerbank full saat akan dibawa berpergian jauh. Meskipun ada beberapa kendaraan yang menyediakan colokan USB, namun alangkah baiknya untuk mengisi daya terlebih dahulu untuk menghindari beberapa kemungkinan terburuk, seperti gangguan arus listrik dan lainnya.

    Keempat, pastikan powerbank yang kalian bawa aman dan juga tidak rusak, hindari benturan seperti jatuh untuk menghindari kerusakan komponen di dalamnya. Hindari juga pengisian daya yang berlebihan untuk menghindari overcharging.

    Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika menggunakan powerbank saat mudik.

    Benda kecil yang satu ini memang tak wajib untuk dibawa, tapi powerbank ini berguna sekali bagi kita yang saat ini tak bisa lepas dari gadget.

    Bagi kalian yang akan mudik, hati-hati di jalan dan stay safe selalu!

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini