icon-category Health

Masuk Angin? Ini Obatnya

Bagikan :

Musim sedang tak menentu. Akibatnya, tubuh jadi lemah dan mudah terserang penyakit, seperti masuk angin. Kondisi itu makin diperparah jika pola makan kita tak teratur.

Salah satu pilihan obat alami yang mujarab untuk melawan gangguan kesehatan itu adalah jahe.

Jahe memang sudah diketahui masyarakat luas memiliki banyak manfaat kesehatan. Dari berbagai penelitian, jahe terbukti bisa mengurangi gejala mual, efek mabuk perjalanan, dan gangguan kesehatan yang menyertai kemoterapi. Lebih lanjut, jahe juga membantu meredakan asma.

Fakta membuktikan bahwa jahe juga bisa membantu meredakan asma, terutama yang terjadi akibat pengaruh udara dingin. Dari penelitian yang dilakukan Elizabeth Towsend, Ph. D dari Universitas Colombia, ditemukan dua kandungan jahe, yaitu gingerol dan shogaol, yang mampu bekerja sebagai bahan analgesik yang dapat meredakan nyeri dan rasa tak nyaman dalam tubuh saat kita masuk angin.

Selain itu, jahe juga berfungsi memberi rasa hangat dan memperlebar pembuluh darah sehingga peredaran darah lebih lancar dan organ pencernaan kembali berfungsi dengan baik. Kembung masuk angin diakibatkan karena organ pencernaan "kedinginan" sehingga tidak beroperasi dengan baik.

Perlu diingat, tak dianjurkan untuk mengonsumsinya lebih dari enam gram karena justru bisa menyebabkan luka di dinding lambung.Perlu diperhatikan, sebaiknya Anda mengonsumsi jahe saat perut sudah terisi. Mengonsumsi jahe saat perut kosong berpotensi membuat sakit lambung, maag, atau perut kembung.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Tags : jahe masuk angin obat 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini