Health

Mau Berobat ke Luar Negeri? Ini Hal yang Harus Dipersiapkan

  • 05 December 2018
  • Bagikan :

    (Ilustrasi/Unsplash)

    Uzone.id - Ada beragam alasan masyarakat lokal memilih berobat ke luar negeri, seperti ke Singapura atau Malaysia. Beberapa di antaranya, yaitu fasilitas dan teknologi yang mumpuni, tenaga medis yang lebih berpengalaman, dan pengalaman rekan atau kerabat yang sembuh total usai berobak di luar negeri.

    Apapun alasannya, kamu perlu memperhatikan beberapa hal, sebelum berobat ke luar negeri. Mengutip GO.CARE, berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memeriksakan diri ke rumah sakit di luar negeri.

    Baca: 5 Tanda Kamu Siap Jatuh Cinta Lagi, Setelah Patah Hati

    Mencari informasi yang akurat dan tepat

    Kamu harus mencari informasi seputar negara tujuan, rumah sakit, pengobatan, dokter spesialis, dan jenis pengobatan. Kamu perlu mendapatkan informasi mengenai hal-hal itu secara tepat dan akurat.

    Memperbarui catatan kesehatan

    Saat memilih rumah sakit, kamu akan diminta untuk memberikan informasi rinci mengenai riwayat medis atau kondisi kesehatan. Kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki catatan medis terbaru.

    Baca: Salah Satu Kunci Hidup Sehat, Tidur Lelap Delapan Jam Sehari

    Jangan lupa untuk membuat beberapa salinannya untuk kamu bawa ke rumah sakit di luar negeri.

    Mengecek asuransi kesehatan

    Kamu harus memastikan biaya apa saja yang ditanggung perusahaan atau agen asuransi, saat berobat di luar negeri. Sebelum merencanakan, kamu bisa menghubungi pihak asuransi untuk mengetahui prosedur perawatan medis di luar negeri.

    Baca: Untuk Kamu yang Mudah Sakit, Ini 4 Kiat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

    Tentukan waktu tinggal di negara tujuan

    Kamu perlu mempertimbangkan jumlah waktu tinggal di rumah sakit, serta waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi atau prosedur perawatan medis. Waktu pemulihan sangat bervariasi, tergantung pada prosedur kesehatan.

    Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter, untuk merencanakan waktu istirahat yang cukup.