icon-category Digilife

Mau Buka Toko Lagi, TikTok Sedang Urus Izin E-commerce

  • 29 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Tanda-tanda TikTok Shop hadir di Indonesia semakin terlihat. Setelah disebut akan menggandeng e-commerce lokal untuk beroperasi kembali, kabar terbaru mengatakan kalau TikTok sedang mengurus izin e-commerce di Indonesia.

Kabar ini disampaikan oleh Wakil menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga dalam acara EV Expo 2023, Selasa (28/11).

“Sebelumnya, dia (TikTok) belum patuh dan belum punya izin. Sekarang, mereka sedang urus,” katanya, sebagaimana dikutip dari Antaranews, Rabu, (29/11).

Jika urusan perizinan ini telah selesai, Jerry mengatakan TikTok bisa melakukan apa saja termasuk berkolaborasi dengan e-commerce lokal seperti yang saat ini sedang ramai dibicarakan.

“Kalau sudah urus, mau kolaborasi, mau ngapain, yang penting sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku,” tambahnya.

Selain sedang mengurus perizinan, Jerry juga mengatakan kalau TikTok sedang berusaha untuk mematuhi peraturan yang berlaku sesuai dengan Permendag 31 Tahun 2023.

Terlebih jika ingin bekerja sama dengan e-commerce lokal, maka TikTok harus memenuhi persyaratan tersebut lebih dulu.

Sebelumnya, awal bulan November kemarin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan TikTok belum mengajukan izin. Hal ini disampaikan dalam acara WhatsApp Business Summit 2023 hari Rabu, (01/11).

Dalam acara yang sama Zulkifli kembali menegaskan bahwa platform yang memiliki izin sebagai social commerce hanya bisa melakukan promosi dan iklan saja, dan tidak melakukan transaksi secara langsung di dalam platform.

Terkait adanya kabar perizinan ini, pihak Uzone telah menghubungi perwakilan TikTok Indonesia, namun belum ada pernyataan maupun informasi lebih lanjut terkait hal tersebut.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini