icon-category Digilife

Mau Ikutan Upacara Virtual HUT RI Ke-77? Ini Link dan Cara Daftarnya

  • 03 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Nick Agus Arya @nickgunner/Unsplash

    Uzone.id - Sudah memasuki bulan Agustus dan sebentar lagi warga Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-77. Walaupun masih terbatas, upacara peringatan detik-detik proklamasi akan dilakukan secara hybrid.

    Ya, setelah 2 tahun sebelumnya dilakukan tanpa peserta secara fisik dan hanya bisa diikuti secara virtual, upacara tahun ini akan dihadiri tamu undangan yang mengikuti rangkaian acara secara offline dalam jumlah terbatas dan secara virtual atau online.

    Akan ada 77 ribu undangan bagi masyarakat yang ingin ikut upacara secara virtual dan 2.500 undangan upacara fisik pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 Republik Indonesia. Kemudian, dibagikan pula 2.500 undangan upacara fisik pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.

    “Di tahun ini harapan kami bisa diikuti oleh 77 ribu undangan virtual dan wajib mengikuti di situ ada hiburan dan di luar itu juga masyarakat bisa berinteraksi sesama, kita berikan kesempatan berinteraksi, berdiskusi, dan berbicara satu sama lain,” jelas Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono.

    “Mungkin ada yang dari Aceh, dari Ambon, itu bisa bertemu walaupun dari kejauhan, tapi kita mempersatukan di dalam sebuah acara virtual memperingati 17 Agustus,” tambahnya.

    Baca juga: Kominfo Buka Blokir Yahoo, Steam, CS Go dan Dota, PayPal Nyusul!

    Nah, bagi kalian yang ingin berpartisipasi dalam upacara kemerdekaan Indonesia secara virtual, kalian bisa membuka pendaftaran melalui laman resmi Pandang Istana.

    • Caranya, buka laman resmi Pandang Istana Presiden atau klik link ini.
    • Selanjutnya, klik Daftar Sekarang dan mengisi formulir registrasi yang telah disediakan.
    • Masyarakat bisa memilih pendaftaran upacara langsung atau lewat video conference. Namun, karena upacara langsung hanya bisa dihadiri terbatas, pendaftaran untuk opsi ini telah ditutup.
    • Tapi jangan khawatir karena pendaftaran upacara via video conference masih tetap dibuka dan tersedia hingga saat ini.
    • Kalian tinggal melakukan registrasi dengan cara memasukkan data diri seperti alamat lengkap, nama lengkap, nomor WhatsApp, nomor identitas, email, profesi, mengunggah foto kartu identitas dan swafoto dengan memegang kartu identitas diri.
    • Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memilih opsi upacara yang akan diikuti dan memasukkan alasan mengikuti upacara.
    • Setelah itu, ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai selesai.

    Baca juga: 17 Aplikasi Pembobol Rekening Ancam Pengguna Android

    FYI, jumlah undangan upacara virtual tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 40 ribu menjadi 77 ribu tahun ini.

    Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, M. Yusuf Permana, menjelaskan bahwa penambahan undangan tersebut dikarenakan tingginya animo masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam upacara HUT kemerdekaan RI.

    Tak hanya menambah kuota jumlah peserta virtual, Sekretariat Presiden juga akan memberikan berbagai macam hadiah dengan berbagai kategori kepada beberapa pemenang.

    “Hadiah hiburan bagi 100 orang pertama yang bergabung pada upacara virtual Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 dan 100 orang pertama yang bergabung pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih, selain itu akan ada hiburan yang sangat menarik,” ungkap Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, M. Yusuf Permana.

    Bagaimana Uzoners? Minat ikut upacara virtual?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini