home ×
Digilife

Mau Pepet Android 12, Huawei Rilis HarmonyOS 2 Juni?

21 May 2021 By
Mau Pepet Android 12, Huawei Rilis HarmonyOS 2 Juni?
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. Gizchina

Uzone.id -- Tak lama setelah peluncuran Android 12 dari Google, kini muncul bocoran kalau OS buatan Huawei, HarmonyOS siap dirilis ke publik pada awal Juni 2021.

Sebuah bocoran dari Weibo menyatakan jika HarmonyOS akan diluncurkan pada 2 Juni mendatang. Vendor handset China ini akan memperkenalkan HarmonyOS pada sebuah konferensi pers bersamaan dengan dua produk yang akan menjalankan sistem tersebut.

Dari klaim bocoran tersebut, produk yang dimaksud adalah perangkat wearable Huawei Watch 3 dan tablet MatePad Pro 2.

Baca juga: Dear Huawei, Beneran Bakal Setop Jualan Ponsel?

Kehadiran HarmonyOS ini kemudian disebut bisa menjadi ancaman bagi Android 12. Mengutip BGR, HarmonyOS akan mengalami masalah terkait aplikasi dan layanan Google yang kemungkinan besar tidak akan bisa dimasukkan pada ekosistem OS-nya.

Namun, yang membuat HarmonyOS dianggap sebagai ancaman besar Google adalah kabar beberapa pembuat smartphone asal China yang mempertimbangkan untuk beralih dari Android ke HarmonyOS.

Perusahaan yang dikabarkan tertarik pada HarmonyOS adalah perusahaan-perusahaan ternama seperti Oppo, Xiaomi, dan Vivo. Vendor-vendor ini sebelumnya menjalankan rangkaian lengkap aplikasi Google.

Tapi jika ini terjadi, mereka bisa saja memakainya hanya untuk pasaran China. Karena untuk pasar Internasional, pengalaman OS tanpa Google merupakan hal yang dianggap tidak masuk akal.

Baca juga: Deretan Ponsel yang Kebagian Android 12?

Seperti yang kita tahu, Google baru-baru ini telah meluncurkan OS terbaru mereka, Android 12 pada acara Google I/O. Pembaruan software ini menampilkan perubahan besar-besaran pada desain dan peningkatan pada fitur privasi nya.

Android 12 versi beta sudah tersedia di ponsel-ponsel Pixel dan beberapa perangkat dari produk lain, serta akan diluncurkan secara publik pada akhir musim panas nanti.

Dan saat ini, Huawei telah mengembangkan HarmonyOS yang akan berfungsi pada smartphone, tablet, komputer, perangkat wearable, dan perangkat lainnya. Sistem operasi ini mirip dengan Fuchsia OS yang sedang dikerjakan Google untuk menggantikan Android.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id