icon-category Telco

Mau Rasakan 5G Sambil Nonton MotoGP? Pastikan Ponsel Kalian Begini

  • 15 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto ilustrasi: bola.net

    Uzone.id – Salah satu ajang internasional yang tak lama lagi akan berlangsung di Indonesia adalah MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Area Mandalika tentunya akan dibekali oleh jaringan teknologi mumpuni, salah satunya 5G.

    Kehadiran 5G di Mandalika untuk melengkapi perhelatan MotoGP 2022 ini mendapat dukungan langsung dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.

    Johnny pun membeberkan bahwa di Mandalika nanti pengunjung bisa merasakan pengalaman koneksi 5G secara langsung, selama perangkat yang dimiliki mendukung jaringan ini.

    “Jaringan 5G ini akan disiapkan melalui dua jenis pengalaman bagi pengunjung, yaitu 5G Experience dan 5G Showcase,” ungkap Johnny dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/2).

    Dari paparannya, ada dua operator seluler yang akan menyuguhkan pengalaman 5G di Mandalika, NTB, yakni Telkomsel dan XL Axiata.

    Baca juga: 4G Telkomsel Aman Selama Pramusim MotoGP

    Telkomsel akan menggunakan pita frekuensi existingnya di 2,1 GHz untuk layanan komersial 5G Experience di sejumlah titik lokasi, baik di area sirkuit maupun hotel sekitarnya.

    Kemudian, demi memperkuat 5G Experience, Telkomsel dan XL akan pakai pita frekuensi 3,5 GHz dan hal ini memang sekaligus untuk para pengunjung yang berada di dalam sirkuit Mandalika.

    “Harap diperhatikan ponsel pintar yang mendukung layanan 5G di frekuensi 2,1 GHz adalah band N1, sementara frekuensi 3,5 GHz pakai band N77 dan N78. Selain itu, pastikan juga SIM card kalian sudah ditingkatkan ke uSIM,” lanjut Johnny.

    Diketahui 5G Showcase dari Telkomsel dan XL akan menampilkan beberapa jenis potensi use case teknologi seperti MotorBike AR Gaming, 360 camera untuk 5G Live Broadcasting, drone, robot pintar, hingga cloud gaming bertema motor racing.

    Baca juga: 2025, 5G Diperkirakan Sudah Merata di Indonesia

    Sementara itu, jaringan backbone di sirkuit Mandalika diakui Johnny telah terhubung dengan fiber optic kapasitas 560 GB melalui 4 koridor, di mana 1 koridor sebagai jalur utama dan 3 koridor lainnya menjadi backup alias jalur alternatif.

    Kominfo juga telah mendukung tes pramusim MotoGP yang telah berlangsung pada pekan lalu yang dibarengi oleh Direktorat Jenderal SDPPI Kominfo yang telah mengeluarkan persetujuan stasiun radio terdiri dari 4 frekuensi.

    Secara rinci, frekuensi rentang 410-430 MHz dipakai untuk komunikasi operasional sirkuit Mandalika oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan.

    Sedangkan frekuensi rentang 440-470 MHz digunakan untuk komunikasi internal 9 tim berupa headset radio maupun HT yang dikoordinasikan oleh DORNA sebagai penyelenggara MotoGP.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini