home ×
Digilife

MediaTek Bikin Prosesor untuk Smart TV, Dukung 4K dan AI

05 March 2021 By
MediaTek Bikin Prosesor untuk Smart TV, Dukung 4K dan AI
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Produsen TV makin banyak yang mengadopsi koneksi internet ke dalam perangkatnya. Smart TV pun makin banyak menghiasi ruang tamu di rumah warga. Namun tak seperti smartphone kebanyakan smart TV membutuhkan prosesor khusus. Makanya MediaTek mendesain chip dengan nama MT9638.

MediTek mengembangkan prosesor MT9638 yang akan mendukung smart Tv dengan kemampuan 4K. Dalam urusan spesifikasi, prosesor tersebut memiliki quad-core CPU ARM Cortex-A55. Dibekali juga dengan GPU Mali-G52.

Baca juga: MediaTek Desain Dimensity 1100 dan 1200

Yang menarik, prosesor ini mendukung banyak teknologi audio dan video. Mulai dari HDR10+ sampai Dolby Vision dan Atmos. Mengusung resolusi 4K, gambar yang ditingkatkan dan video di atas 4K. Prosesor ini juga mengintegrasikan Variable Refresh Rate (VRR) dan Motion Estimation/Motion Compensation (MEMC) untuk grafis yang lebih halus, terutama dalam menampilkan game.

Dilansir melalui Slash Gear, Jumat, 5 Maret 2021, MediaTek ingin menyoroti kemampuan AI dari chip tersebut. Pasalnya, di sini ada APU bawaannya yang diklaim bisa diandalkan untuk memproses AI.

Diketahui, AI sering digunakan di TV belakangan ini untuk meningkatkan audio dan gambar yang lebih cerdas. Salah satunya melakukan skala berbasis AI. MediaTek mengklaim jika APU mampu membawa konten secara real-time dan pengenalan gambar untuk menyesuaikan pengaturan, seperti saturasi warna dan kecerahan, dengan cepat.

Fitur berbasis AI ini juga tidak lagi cukup untuk smart TV yang beredar saat ini. Sebagian besar produk tersebut terhubung dengan beberapa asisten pintar atau platform smart home. Oleh karena itu MT9638 diklaim dapat mengintegrasikan asisten suara secara langsung. Itu juga jika produsen menginginkannya.

Selain kelebihan tersebut, prosesor MT ini diklaim mendukung hingga empat mikrofon jarak jauh untuk pengenalan suara yang selalu aktif. Bisa mendukung perintah suara untuk mengaktifkan TV.

MediaTek mengklaim jika lebih dari dua miliar prosesornya telah digunakan di smart TV yang beredar saat ini. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article