Technology

Medsos Makin Rame Jelang Pemilu, XL Perkuat Jaringan

  • 14 April 2019
  • Bagikan :

    (Foto: dok. XL Axiata)

    Uzone.id -- Siapa yang merasa media sosial telah lama disesaki oleh konten dan obrolan seputar politik dan euforia pemilu 2019? Apalagi hari-H semakin dekat, media sosial semakin ramai aja!

    Demi kelancaran aktivitas di dunia maya, perusahaan telekomunikasi XL Axiata mengaku tengah memperkuat jaringannya, khususnya menjelang hari pemilu tiba. Mau bagaimanapun, trafik data diprediksi semakin meningkat mengingat begitu banyak pengguna ponsel pintar di Indonesia.

    Prediksi trafik yang akan melonjak tinggi adalah trafik data, yakni berkisar sekitar 5 sampai 10 persen. Trafik data ini mayoritas berasal dari media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, serta tak lupa layanan pesan instan WhatsApp, Line, dan Telegram.

    Baca juga: Sinyal Menghilang di Stasiun MRT, ini Penjelasan XL

    “Kami melakukan antisipasi dalam rangka pilpres ini, kebetulan juga berdekatan dengan bulan Ramadan dan Lebaran, maka antipisasi ini sudah sekalian masuk dengan persiapan untuk jaringan Lebaran,” ucap Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam keterangan remsinya yang diterima Uzone.id, Minggu (14/4).

    Dia melanjutkan, “kami juga memonitor terus kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta seperti kantor KPU, Media Center, dan area Ring 1.”

    Selain trafik data, XL juga memprediksi kenaikan trafik voice dan SMS sekitar 3 persen.

    Lonjakan trafik tersebut kemungkinan terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi.