Mengunjungi Padepokan Topeng Malangan

10 January 2018 by
Mengunjungi Padepokan Topeng Malangan

Uzone.idPadepokan Topeng Malangan Asmoro Bangun merupakan satu-satunya padepokan Topeng Malangan yang saat ini masih sangat giat untuk mempertahankan dan mengembangkan kesenian dan kebudayaan asli Malang.

Padepokan ini berada di Dusun Kedungmonggo, Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Lokasinya sekitar 11 kilometer dari pusat Kota Malang ke arah selatan. Dusun Kedungmonggo memang dikenal sebagai desa para seniman Wayang Topeng Malangan dan seniman pengrajin Topeng Malangan.

Handoyo, generasi ke-5 pewaris kesenian Topeng Malangan, Foto Uzone.id

Seperti yang saya temui, Handoyo, berusia 40 tahun, generasi kelima dari pewaris seni budaya Topeng Malangan. Dia mengaku tak hanya piawai dalam membuat topeng, namun pandai pula menari topeng, dan mengajarkan seni tari Topeng Malangan bagi semua kalangan usia mulai dari kanak-kanak, pelajar, hingga mahasiswa.

Menurut Handoyo, tidak sembarang orang bisa mewarisi seni topeng Malangan. “Hanya orang yang terpilih dari seleksi alam yang ketat dan kecintaan pada seni budaya tradisi leluhur,” kata Handoyo kepada Uzone.id di sela-sela acara Journalist Test Drive Toyota New Rush dalam perjalanan Malang-Surabaya.

Dalam kesempatan ini, Toyota Astra Motor (TAM) mengajak sejumlah jurnalis berkunjung sembari mengendarai All New Rush ke Padepokan Seni Topeng Malangan yang juga menjadi Pusat Kerajinan, Tari, Wayang, dan Topeng di Malang, Jawa Timur. Para jurnalis otomotif belajar cara melukis dan menari Topeng Malangan.

Melukis Topeng Malangan, Foto Uzone.id 

Menurut Handoyo, kesenian Topeng Malangan diwariskan secara turun temurun, dari generasi ke generasi. Topeng Malangan sendiri dipakai sebagai medium untuk menuturkan kisah budi pekerti tokoh Panji, yang menjadi panutan dan pelajaran hidup.

Terdapat  76 karakter yang terbagi atas 15 tematik cerita atau kisah Panji. Cerita Panji ini biasanya dipentaskan dalam event-event tertentu seperti pernikahan, malam satu suro, dan lainnya.

Sejumlah jurnalis otomotif belajar menari, Foto Uzone.id

Topeng-topeng yang dipakai dalam seni tari cerita Panji ini memiliki beragam karakter yakni karakter baik, jahat, abdi, dan binatang yang sesuai dengan alam semesta.

Di Padepokan Asmoro Bangun ini para pengunjung dapat membeli cenderamata Topeng Malangan hasil craftmanship para seniman pengrajin.

Etalase Topeng Malangan, Foto Uzone.id 

Harga topeng berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp200 ribu yang standard, terbuat dari kayu sengon. Untuk topeng berkualitas terbaik yang terbuat dari kayu kembang, nangka, dan beringin dihargai Rp500 ribu-Rp1 juta. Tingkat kesulitan dalam pembuatan motif lukis dan detail akan mempengaruhi harga Topeng Malangan ini.

Kesenian Topeng Malangan kini sudah tercatat dalam World Heritage UNESCO atau menjadi Warisan Budaya Dunia yang disahkan pada 30 Oktober 2017.

 

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Bolo Dewe 07 July 2018 | 18:46:55

lanjutkan terus karya mu sangat lah berarti

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top