home ×
Gadget

Melihat Kembali Inovasi S Pen Samsung dari Waktu ke Waktu

21 January 2021 By
Melihat Kembali Inovasi S Pen Samsung dari Waktu ke Waktu
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - S Pen telah berkembang pesat sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011, terselip di tepi bawah Galaxy Note pertama. Kini fungsinya telah berkembang setelah Samsung memperkenalkan Galaxy S21 Ultra 5G yang mendukung juga S Pen.

Sudah sepuluh tahun sejak S Pen pertama kali diperkenalkan, fitur S Pen sudah berkembang pesat.

Mulai dari membuat catatan saat bepergian hingga mengambil foto grup dari jauh. Atau dari mengedit dan berbagi dokumen hingga mengontrol media, S Pen memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak hal dengan perangkat seluler mereka, dengan lebih nyaman dan nyaman daripada sebelumnya.

Kendati kental dengan Galaxy Note, rasanya tetap menarik untuk melihat fitur-fitur apa saja yang pernah dikeluarkan oleh S Pen.

S Pen 2011 - 2012 (1)

Pengenalan Galaxy Note dan S Pen pada tahun 2011 meluncurkan kategori baru perangkat seluler: phablet. Menggabungkan karakteristik ponsel dan tablet, Galaxy Note membuat gelombang di seluruh dunia dengan desain inovatif dan fungsionalitas seperti notepad.

S Pen yang melengkapi rilis awal itu mampu berfungsi sebagai pena, pensil, kuas, dan stabilo. Mengetuk layar dua kali dengan S Pen pun langsung secara otomatis membuka aplikasi S Memo.

S Pen 2011- 2012 (2)

Diperkenalkan pada tahun berikutnya, Galaxy Note2 menampilkan S Pen yang didesain ulang yang diratakan di satu sisi untuk menawarkan pegangan yang lebih ergonomis.

Peningkatan yang paling menonjol dari model pertama hingga kedua adalah sensitivitas tekanan. Sementara versi sebelumnya mendukung hingga 256 tingkat sensitivitas tekanan, model baru mendukung hingga 1.024, atau empat kali lipat.

Peningkatan tersebut memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman menulis yang lebih bernuansa alami.

S Pen 2013-2015 (1)

Peningkatan S Pen Galaxy Note4 adalah tentang mendorong pengalaman menulis yang lebih realistis dan menambahkan lebih banyak alat produktivitas.

Samsung mulai dengan sangat meningkatkan akurasi S Pen, menggandakan sensitivitas tekanannya dari 1.024 level menjadi 2.048.

Fitur baru, Smart Select, juga ditambahkan untuk memudahkan pengguna berbagi berbagai konten.

Dengan Smart Select, pengguna dapat menggunakan S Pen mereka untuk langsung memilih, membagikan dan menyimpan konten di layar mereka - apa pun aplikasinya - dan kemudian membagikannya dengan orang lain melalui email atau pesan.

S Pen 2013-2015 (2)

Kemampuan untuk membuat memo langsung ke layar ponsel - memo yang akan langsung disimpan setelah pengguna memasang kembali S Pen ke perangkat - menambah tingkat kenyamanan baru pada pengalaman membuat catatan.

Untuk lebih meningkatkan kenyamanan itu, Samsung menyederhanakan cara S Pen dilepas. Sedangkan Pena S sebelumnya perlu ditarik secara manual melalui di ujungnya, Pena S Note5 dikeluarkan dengan tekanan ringan.

S Pen 2017-2019 (1)

Sejak 2017, banyak peningkatan S Pen Samsung telah difokuskan untuk memungkinkan pengguna mengekspresikan diri mereka dengan cara yang menyenangkan dan bermakna.

Diperkenalkan dengan Galaxy Note8, pesan langsung adalah contoh sempurna dari komunikasi yang bermakna. Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan S Pen untuk menggambar GIF animasi kesenangan mereka sendiri yang dapat langsung dibagikan dengan teman atau di media sosial.

Teks, gambar, dan GIF yang dibuat dengan Live message, yang menawarkan beragam kuas dan pena untuk dipilih pengguna, dapat disimpan di Galeri dan digunakan kembali kapan pun pengguna suka.

S Pen 2017 - 2019 (2)

Pada saat Galaxy Note9 diperkenalkan, S Pen telah berkembang menjadi lebih dari sekadar stylus. Sekarang, selain menawarkan beragam alat pencatat dan produktivitas, S Pen akan berfungsi sebagai remote control yang nyaman untuk berbagai fungsi.

Penambahan teknologi Bluetooth Low-Energy (BLE) berarti bahwa S Pen Note9 dapat digunakan, misalnya, untuk mengambil foto grup dari jauh dengan menggunakan tombol S Pen sebagai penutup, dan untuk mengontrol slide presentasi dari jarak jauh.

S Pen akan mulai mengisi daya secara otomatis setelah dipasang kembali ke perangkat, dan menawarkan penggunaan hingga 30 menit (atau sekitar 200 klik) setelah terisi penuh.

S Pen 2017-2019 (3)

Dengan Galaxy Note10, S Pen menjadi lebih dari sekadar remote control; itu menjadi semacam tongkat ajaib.

Pengenalan tindakan S Pen Air membuka pintu bagi pengguna untuk mengontrol perangkat mereka dari jarak jauh menggunakan gerakan sederhana.

Dengan menekan tombol S Pen, pengguna dapat menggunakan tindakan intuitif ini untuk beralih antara kamera dan mode pengambilan gambar, memperbesar atau memperkecil bidikan, dan menjalankan berbagai fungsi praktis lainnya, semua dengan gerakan yang dapat disesuaikan.

Ponsel cerdas ini juga memperkenalkan penyempurnaan yang dirancang untuk membantu pengguna memaksimalkan produktivitas, termasuk fitur yang memungkinkan tulisan tangan langsung diubah menjadi teks dan diekspor melalui berbagai format.

S Pen 2020

S Pen Galaxy Note20 menawarkan pengalaman pencatatan yang paling nyata.

Sejumlah peningkatan, termasuk teknologi AI yang memungkinkan prediksi koordinat yang lebih akurat, serta sensor gyro dan accelerometer yang ditingkatkan, telah digabungkan untuk mendukung pengalaman menulis dan menggambar yang paling realistis.

Pengalaman tersebut diperkuat oleh latensi S Pen baru yang sangat berkurang.

Latensi Galaxy Note20 Ultra telah berkurang hampir 80 persen dibandingkan dengan Note10. Daya tanggap tersebut memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman menulis yang lebih nyata - yang terasa seperti aslinya.

S Pen 2021

S Pen Pro ini hadir lebih besar dari segi dimensi dan panjangnya. Meski lebih besar, S Pen Pro ini diklaim lebih nyaman digenggam.

S Pen Pro turut dibekali fungsi Bluetooth dan dapat menjalankan fungsi layaknya S Pen khas Samsung seperti air command, menjadi shutter kamera, mengendalikan musik, dan lain-lain.





Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article