Travel

Melihat Lebih Dekat Dunia Polkadot Karya Yayoi Kusama di Jakarta Barat

  • 18 May 2018
  • Bagikan :
    Melihat Lebih Dekat Dunia Polkadot Karya Yayoi Kusama di Jakarta Barat

    Uzone.id - Baru-baru ini, kamu mungkin sering melihat foto bola kuning besar bercorak polkadot hitam di media sosial. Atau, foto labu raksasa berpola polkadot barangkali juga sempat melintas di linimasa kamu.

    Ya, keduanya merupakan sebagian kecil karya Yayoi Kusama yang dipamerkan di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN), Jakarta Barat. Yayoi Kusama adalah seniman asal jepang.

    Yayoi merupakan salah satu seniman paling ternama di dunia yang masih hidup saat ini.

    Di pameran bertema Life is the Heart of a Rainbow, kamu tidak hanya menyaksikan Dots Obsession dan Great Gigentic Pumpkin, tetapi juga melihat lebih dekat 130 karya Yayoi yang lain.

    Semua karya Yayoi yang identik dengan polkadot, labu, dan jaring diimplementasikan ke dalam beragam medium, seperti instalasi, lukisan, video, dan patung.

    (Pengunjung baru saja masuk ke dalam pameran Yayoi Kusama bertema Life is The Heart of a Rainbow/Birgitta Ajeng)

    Menikmati karya instalasi Yayoi adalah yang paling berkesan dan rasanya menyenangkan. Sebab, kamu bisa beraktivitas di sini sambil melihat dunia polkadot dari sisi lain.

    Misalnya saat masuk ke dalam Infinity Mirrored Room, kamu akan terkesima dengan kehadiran polkadot yang jumlahnya tak terhingga.

    Tapi, kamu tidak bisa lama-lama berada di sini. Petugas museum hanya memberikan waktu 30 detik untuk kamu berada di dalam karya yang banyak digemari pengunjung.

    Kamu juga perlu meletakkan tas di meja dekat pintu masuk Infinity Mirrored Room.

    (Infinity Mirrored Room karya Yayoi Kusama/Birgitta Ajeng)

    Setelah dari ini, kamu akan menemukan jalur ke luar museum. Tapi setelah melewati jalur yang dijaga oleh petugas museum ini, kamu jangan langsung pulang yah. Carilah eskalator yang berseberangan dengan lift.

    Eskalator ini akan membawa kamu ke The Obliteration Room, karya lain yang juga digemari pengunjung. Di sini, Yayoi mengundang kamu untuk bergabung dan bersenang-senang, menutupi semua mebel dan segala sudur ruang ini dengan polkadot berwarna-warni.

    (Pengunjung sedang berada di dalam The Obliteration Room/Birgitta Ajeng)

    Di pintu masuk ruang ini, petugas museum akan memberikan sticker polkadot warna-warni dengan berbagai ukuran kepada kamu.

    Kalau bersedia menerima undangan ini, kamu bisa datang ke sini pada hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Pameran karya Yayoi diselenggarakan sejak 12 Mei – 9 September 2018.

    Harga tiket masuknya, yaitu Rp 100.000 untuk dewasa, Rp 90.000 untuk pelajar, dan Rp 80.000 untuk anak-anak. Museum MACAN terletak di Kebon Jeruk, dekat dengan kantor Stasiun Televisi RCTI.

    Selamat melihat, merasakan, dan menciptakan dunia polkadot bersama Yayoi Kusama.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini