home ×
Digilife

Memahami dan Tips Memanfaatkan KTA Online

17 November 2020 By
Memahami dan Tips Memanfaatkan KTA Online
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Siapa yang sangka jika produk pinjaman saat ini semakin simpel dan dapat dijangkau oleh lebih banyak kalangan? Faktanya, seiring berjalannya waktu, lembaga keuangan terus memunculkan inovasi baru agar layanannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, tak hanya dari kalangan menengah atas, namun juga kalangan menengah ke bawah.

Hal ini tentu menjadi kabar baik karena semua orang berkesempatan untuk mengajukan pinjaman guna meraih kehidupan yang lebih sejahtera. Bahkan, kini, ada produk pinjaman yang tidak lagi mengharuskan peminjam untuk memberikan jaminan atau agunan. Produk pinjaman tersebut adalah KTA atau kredit tanpa agunan.

Karena dihilangkannya syarat jaminan tersebut, KTA Online menjadi salah satu produk kredit yang sangat populer dan diminati masyarakat. Selain itu, jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya, KTA cenderung memiliki proses pengajuan yang lebih simpel dan persyaratan yang tidak ribet.

Tentunya, bagi Anda yang membutuhkan dana segar, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau sebagai tambahan modal usaha, tidak ada salahnya memilih KTA. Namun, sebelum itu, pastikan untuk memahami betul apa itu KTA, jenisnya, serta tips aman memanfaatkannya berikut ini.

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan?

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah membutuhkan uang sejumlah tertentu dengan segera, seperti menambah modal usaha, membayar biaya pendidikan, hingga tagihan rumah sakit. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencukupi kebutuhan tersebut, salah satunya dengan mengajukan pinjaman ke bank atau fintech.

Akan tetapi, saat mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan tersebut, tak sedikit orang yang mengeluhkan proses rumit dan syarat yang tidak bisa dipenuhi. Nah, jika Anda merasakan masalah tersebut, bisa jadi kredit tanpa agunan adalah solusi yang tepat untuk dipilih.

Bagi yang belum tahu, kredit tanpa agunan atau KTA adalah suatu produk pinjaman yang tidak mewajibkan nasabah untuk memberikan jaminan agar bisa mengajukan pinjaman. Dalam kata lain, Anda tidak lagi harus menyerahkan suatu aset berharga untuk menjamin kegiatan pinjam-meminjam tersebut.

Hal inilah yang membuat KTA seringkali dijadikan pilihan oleh masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman, namun tidak memiliki aset yang bisa dijadikan agunan. Selain itu, KTA juga dikenal memiliki proses pencairan dana yang terbilang cepat dan mudah jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya.

Tidak hanya melalui bank atau lembaga keuangan konvensional lainnya, kini Anda juga bisa mengajukan KTA secara online melalui fintech. Jadi, tergantung kebutuhan dan kondisi keuangan, Anda bisa mengajukan KTA secara offline di bank, atau secara online di fintech yang sudah mulai menjamur di Indonesia. 

Jenis KTA yang Sering Dipilih

Setelah mengetahui apa itu KTA, ternyata produk pinjaman tersebut memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu KTA reguler dan KTA payroll. Untuk lebih jelasnya, inilah yang dimaksud dari kedua jenis kredit tanpa agunan tersebut.

  • KTA Reguler

KTA reguler merupakan pinjaman tanpa jaminan dari bank atau fintech yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Bersifat reguler, KTA jenis ini tidak mengharuskan calon peminjam untuk lebih dulu menjadi nasabah sebuah bank tertentu. Singkatnya, siapa saja memiliki akses untuk bisa memanfaatkan KTA reguler, baik yang disediakan oleh bank ataupun fintech.  

  • KTA Payroll

Berbeda dengan KTA reguler, KTA payroll merupakan KTA yang dapat diajukan oleh karyawan atau pekerja dari sebuah perusahaan yang memiliki sistem payroll dalam pembayaran gajinya. Seperti yang kita tahu, sistem payroll adalah metode paling umum yang digunakan oleh perusahaan dalam mendistribusikan gaji ke setiap karyawannya.

Sedikit rumit, KTA payroll hanya bisa digunakan oleh nasabah yang gajinya dibayarkan oleh bank tertentu. Sebagai contoh, jika perusahaan tempat Anda bekerja membayarkan gaji dengan sistem payroll di bank A, maka Anda bisa mengajukan KTA jenis ini pada bank A.

Namun, karena sudah menjadi nasabah dari bank yang bersangkutan, mengajukan KTA payroll pun akan jauh lebih mudah dan cepat diproses. Proses pencairan dana yang Anda pinjam pun dapat lebih segera dicairkan oleh pihak bank. Jadi, jika memenuhi kondisinya, barangkali mengajukan KTA payroll sedikit lebih baik ketimbang KTA reguler.

2. Tips Aman Memanfaatkan KTA

Dengan syarat yang mudah dan proses pencairan dana yang relatif cepat, KTA bisa menjadi alternatif menarik untuk meminjam uang. Meski begitu, jika kurang cermat memanfaatkannya, tidak menutup kemungkinan produk pinjaman ini malah berimbas buruk bagi keuangan Anda. Untuk itu, ada beberapa tips agar lebih aman memanfaatkan KTA, seperti:

  • Pastikan KTA Digunakan untuk Tujuan Jelas

Kemudahan mengajukan KTA bisa menjadi jebakan untuk menggunakannya ke hal-hal yang kurang perlu. Alhasil, karena digunakan untuk kebutuhan konsumtif saja, risiko untuk terjerat beban utang yang terlalu besar karena KTA akan menjadi semakin tinggi.

  • Ketahui Kondisi Keuangan dengan Baik

Sama halnya dengan mengajukan pinjaman lainnya, Anda perlu memahami betul kondisi keuangan saat ini. Ketahui berapa besar cicilan KTA yang mampu Anda bayarkan setiap bulan. Yang terpenting, usahakan rasio cicilan dengan penghasilan tidak lebih dari 30% agar anggaran untuk kebutuhan pokok lain tidak sampai tergerus.

  • Gunakan KTA dengan Layanan Paling Sesuai

Ada banyak sekali lembaga keuangan yang menawarkan KTA, baik offline maupun online. Dengan banyaknya pilihan tersebut, pasti ada layanan yang menawarkan keuntungan paling tepat bagi Anda. Untuk itu, tidak ada salahnya menyurvei lembaga penyedia KTA agar bisa mendapatkan layanan yang terbaik.

  • Komitmen Melunasi KTA

Sebagai beban utang, Anda harus bisa berkomitmen untuk melunasi cicilan KTA hingga tuntas. Agar cicilannya tidak terlalu memberatkan, pastikan untuk mengajukan pinjaman dengan jumlah dan tenor yang pas. Yang terpenting, selalu lunasi cicilan tepat waktu agar terhindar dari denda yang dapat mengacaukan arus keuangan.

KTA, Alternatif Menarik Dapatkan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan

Tidak mengharuskan nasabah menyerahkan jaminan merupakan daya tarik utama dari KTA. Namun, mudahnya syarat yang dibebankan dan cepatnya proses pencairan dana juga membuat banyak orang tertarik memanfaatkan layanan ini. Meski begitu, tetap bijak dalam memanfaatkan KTA dan berkomitmen melunasi cicilannya hingga tuntas agar tidak menjadi beban utang berkepanjangan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article