Sponsored
Home
/
Technology

Memaksimalkan Instagram sebagai Ruang Promosi

Memaksimalkan Instagram sebagai Ruang Promosi
Preview
John Patrick Manuwu20 January 2017
Bagikan :

Situs berbagi foto dan video Instagram kini telah menjadi sebuah media sosial yang dapat digunakan sebagai akun personal ataupun untuk bisnis.

Kini, setelah Facebook, Pinterest, dan Twitter yang memiliki fitur bisnis di dalamnya, akhirnya media sosial berbagi foto ini juga turut serta menyediakan layanan bisnis mereka — walau fiturnya tidak selengkap Facebook, Pinterest, dan Twitter.

Kini, pengguna Instagram for Business tidak hanya dapat mengunggah foto produk mereka di Instagram, namun mereka juga dapat menggunakan Instagram sebagai media untuk membangun brand dari bisnis tersebut.

Kali ini, Tech in Asia Indonesia akan berbagi beberapa tip untuk para pemilik ecommerce guna memaksimalkan Instagram untuk membangun citra brand.


Maksimalkan penggunaan foto produk

Jualan di Instagram | bobobobo
Preview

Bagi konsumen, melihat foto produk di akun Instagram memiliki sensasi yang sama seperti mereka sedang pergi ke mal dan melihat produk di etalase toko — tanpa perlu lelah berjalan di dalam mal dan berhimpitan dengan orang lain.

Ketika brand kamu menambahkan produk baru ke dalam toko online, kamu tidak ingin memaksa supaya konsumen dapat langsung melihat produk tersebut di toko online. Karenanya, dengan post Instagram kamu dapat menggiring mereka untuk mengunjungi halaman produk baru tersebut.

Ketimbang menghabiskan waktu untuk memotret gambar terbaik untuk profil Instagram brand kamu, akan lebih baik apabila kamu membuat sebuah gambar produk yang jelas dan dapat digunakan di semua platform.

Jualan di Instagram | hijabenka
Preview

Bobobobo dan Hijabenka adalah salah satu contohnya, di mana mereka memajang foto produk di akun Instagram yang juga digunakan pada toko online. Dengan menggunakan latar foto berwarna putih, foto ini akan mudah untuk dimodifikasi untuk kebutuhan ragam resolusi media sosial. Sayangnya, kedua toko online tidak menyertakan link untuk mengakses langsung barang yang dimaksud. Dengan adanya link ini akan sangat mempermudah pengguna untuk dapat mengakses produk yang mereka mau dengan cepat.

Tunjukkan bahwa audiens benar-benar menggunakan produk kamu

Jualan di instagram | brodo 2
Preview

Media sosial untuk berbagi foto seperti Instagram sangat cocok digunakan untuk e-commerce karena dapat menjadi wahana testimoni pelanggan yang puas menggunakan produk kamu.

Dengan melakukan repost ulang foto dari pengguna produk kamu, kamu akan meyakinkan audiens lain untuk semakin ingin membeli produk kamu. Sayangnya, beberapa foto semacam ini seringkali menimbulkan kebingungan karena audiens tidak mengetahui produk apa yang berusaha ditekankan di foto tersebut.

Hal ini bukan berarti foto produk yang digunakan audiens ini tidak efektif, hanya saja kamu perlu lebih cerdas untuk membuat caption foto tersebut agar tetap relevan di mata audiens. Tunjukkan seperti apa produkmu ketika digunakan atau tunjukkan kegunaannya kepada audiens. Apabila kamu berjualan busana, gunakan foto yang memiliki kesan seperti “lookbook”. Buat audiens kamu untuk berpikir bahwa mereka membutuhkan produk kamu.

Jualan di instagram | brodo
Preview

Metode seperti ini digunakan oleh produsen sepatu lokal BRO.DO dalam mempromosikan produk mereka. Dengan mengunggah berbagai gambar bernuansa gaya hidup yang mereka dapat dari penggunanya, BRO.DO berusaha untuk menguatkan kesan bahwa setiap sepatu yang mereka buat adalah produk yang tangguh, berkualitas, dan cocok untuk segala suasana.

Berikan kepribadian untuk brand kamu

Jualan di Instagram - Berrybenka 2
Preview

Jadikan brand kamu lebih bersahabat dan dicintai oleh para konsumen di Instagram melalui foto. Unggah foto suasana kantor kamu agar audiens mengetahui seperti apa ketika bekerja di sana. Perlakukan audiens layaknya teman kamu sendiri.

Kamu bahkan dapat mengenalkan beberapa karyawan yang bekerja di kantormu — apa kesehariannya, hobinya, dan lain-lain. Karyawan akan senang apabila publik mengenal mereka sebagai karyawanmu melalui media sosial — dan bukan tidak mungkin apabila follower karyawanmu akan mengikuti media sosial brand kamu.

Jualan di Instagram | Berrybenka
Preview

Berrybenka melakukan hal ini dengan membuat akun Instagram khusus untuk menyorot keseharian karyawan mereka di Berrybenka People. Sesuai dengan identitas mereka sebagai sebuah perusahaan e-commerce fesyen, karyawan mereka juga harus fashionable dengan tren terkini. Karenanya, mereka mengadakan program #staffmakeover untuk “mendandani” karyawan mereka dengan berbagai outfit yang menarik. Ternyata bekerja di perusahaan fesyen memiliki kelebihan tersendiri ya!

Jangan sungkan untuk berbagi kata-kata inspiratif

Jualan di Instagram | jdid
Preview

Siapa yang tidak menyenangi kata-kata inspiratif? Sebuah post yang inspiratif sangat berpeluang untuk mendapatkan repost dari audiens, karenanya jenis post seperti ini sangatlah cocok bagi kamu untuk melakukan branding di media sosial.

Kata-kata inspirasional ini dapat bersifat humor atau motivasi, dan kamu tidak perlu memikirkannya sendiri. Kamu dapat mengutip pernyataan tokoh yang inspiratif dari berbagai sumber di internet dan mengunggahnya — jangan lupa juga untuk memberikan credit kepada sumbernya. Selain itu, kamu juga harus menjaga post kata-kata inspirasional ini untuk tetap relevan dengan brand kamu melalui stok foto yang kamu gunakan. Untuk mencari stok foto gratis yang relevan, kamu dapat mencarinya di sini.

Jualan di instagram - Bhinneka 2
Preview

Kamu dapat menggunakan stok foto atau menggunakan aplikasi tipografi untuk membuat post tersebut. Salah satu contoh menarik adalah seperti yang dibuat JD.ID dan Bhinneka pada gambar di atas.

Gunakan hashtag secara efektif

Jualan di Instagram | elevenia
Preview

Bagi kamu yang telah cukup lama berkecimpung di dunia media sosial, hashtag mungkin bukan hal baru bagi kamu. Hashtag adalah sebuah kata yang dituliskan setelah tanda pagar (#). Pertama kali populer di Twitter, kini hashtag telah berkembang menjadi sebuah link yang dapat dicari. Dengan meng-klik link hashtag, pengguna dapat melihat berbagai post yang menggunakan hashtag yang sama.

Hashtag dapat kamu gunakan pada beberapa produk berkategori sama untuk memudahkan kamu mengorganisasinya. Sebagai contoh, ketika kamu menambahkan hashtag #Diskon pada barang-barang yang sedang didiskon, audiens akan berusaha untuk melakukan pencarian hashtag tersebut dengan harapan bahwa mereka akan melihat barang lain yang juga sedang mendapat diskon.

Beberapa perusahaan telah menerapkan penggunakan hashtag dalam kontes yang mereka jalankan di Instagram, beberapa di antaranya adalah Elevenia dengan promo #Serbu11 dan Bhinneka dengan promo #BhinnekaQuiz mereka.

Jualan di Instagram | bhinneka
Preview

Selain itu, hashtag juga dapat digunakan sebagai identitas brand kamu di dunia maya. Ketika kamu menggunakan hashtag tertentu pada foto produk yang kamu unggah, pengguna juga kemungkinan akan menggunakan hashtag yang sama ketika mereka mengunggah foto saat menggunakan produk tersebut di media sosial mereka. Untuk memperkuat interaksi dengan audiens, kamu dapat melakukan repost terhadap foto mereka — jangan lupa untuk memberikan credit kepada pengunggah aslinya.


Ketika menggunakan Instagram sebagai media pelengkap situs e-commerce, yang dapat membatasi kamu hanyalah imajinasimu. Gunakan berbagai upaya dan eksperimen untuk mendapatkan perhatian audiens.

Selain gambar, kamu juga dapat bereksperimen dengan video singkat di Instagram. Kamu memilki tip lain yang dapat membantu sebuah ecommerce untuk berkembang di ranah media sosial? Bagikan pada kolom komentar!

The post Memaksimalkan Instagram Sebagai Ruang Promosi Produk E-commerce appeared first on Tech in Asia Indonesia.

populerRelated Article