icon-category Startup

Memburu Startup yang Siap Scale Up di Indigo Challenge 2022

  • 23 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: TechCrunch

    Uzone.id – Semangat pemberdayaan startup di Indonesia masih terus membara. Bisa dibilang, generasi muda yang gencar merintis startup melihat begitu banyak peluang yang dapat dijadikan solusi digital bagi masyarakat Indonesia. Tak heran jika program inkubasi menjadi fasilitas penting yang dibutuhkan oleh calon startup lokal, salah satunya Indigo Challenge 2022.

    Siapapun dapat mendirikan dan merintis startupnya, namun seringkali para pendirinya mengaku kehilangan arah saat mengembangkan produk. Belum lagi memikirkan inovasi atau terobosan baru.

    Berangkat dari sini, Indigo Challenge hadir untuk mengajak para pendiri startup di Indonesia dapat membangun inovasi digital sesuai permasalahan dan solusi yang dibutuhkan, khususnya di ekosistem digital Telkom.

    Secara umum, Indigo Challenge memiliki semangat untuk memburu startup potensial untuk berkolaborasi dan mengembangkan inovasinya agar produk dan bisnisnya dapat scale up, alias naik kelas.

    Baca juga: Indigo Demo Day 2022, Ajang Perkenalan Startup Lokal ke Investor

    Nah, di tahun ini, Indigo Challenge 2022 telah membuka pendaftaran dari tanggal 15 Agustus sampai 7 September 2022. Syaratnya pun mudah, peserta harus memiliki tim maksimal lima orang dan mendaftar bersama dengan anggota tim lain. Dalam 1 tim, setidaknya komposisinya terdiri dari 1 hustler, 1 hacker, dan 1 hipster.

    Menariknya, Indigo Challenge 2022 membuka kategori yang cukup luas sebagai fokus solusi dari tiap startup yang siap mendaftar. Berikut daftar kategorinya:

    • Agriculture
    • Education
    • UMKM
    • Tourism
    • Logistic
    • Health
    • Smart City
    • Big Data Tech

    Setelah proses pendaftaran, ada deretan program yang akan dilakukan Indigo Challenge 2022 dan diikuti oleh para peserta. Setidaknya, ada lima tahap activity yang akan dilaksanakan selama program ini berlangsung.

    Pertama, Engagement Day. Tahap ini merupakan rangkaian roadshow berupa sosialisasi dan workshop yang digelar di delapan kota seperti Malang, Bandung, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Padang, dan Denpasar.

    Baca juga: 6 Startup Baru Binaan Indigo Game Startup Incubation

    Aktivitas Engagement Day ini akan berisi informasi mengenai program yang akan berlangsung, serta workshop series oleh narasumber yang berpengalaman.

    Kedua, Hacking Time. Rangkaian kegiatan berisi workshop untuk membantu upgrade skill para peserta agar mampu mempercepat pertumbuhan startupnya. Tak perlu khawatir, Hacking Time ini tentunya akan terdiri dari Workshop Bisnis dan Workshop Technical. Fase Hacking Time sendiri akan dilakukan dari 12-23 September 2022.

    Ketiga, Mini Incubation. Rangkaian kegiatan berupa workshop series yang akan disampaikan oleh narasumber andal pada dua bidang terpilih, yakni bisnis dan produk. Aktivitas ini rencananya akan berlangsung pada 27-30 September 2022.

    Tak hanya itu, Mini Incubation juga akan menyuguhkan 1on1 mentoring dari tribe Telkom. Materi yang disampaikan pada fase ini dapat dipelajari kembali oleh peserta startup secara berkala pada platform yang telah disediakan. 1on1 mentoring ini dapat dimanfaatkan peserta pada 3-7 Oktober 2022.

    Keempat, Final Pitching. Fase ini adalah kegiatan mengkurasi sepuluh startup pada tahap akhir untuk menentukan juara pertama, kedua, dan ketiga. Final Pitching dilakukan secara offline terpusat di IndigoHub Yogyakarta pada 13 Oktober 2022.

    Kelima, Awarding. Sesuai namanya, ini adalah momen pemberian grand prize dengan total hadiah Rp125 juta kepada 10 tim yang lolos saat fase Final Pitching.

    Secara merinci, juara 1 akan mendapatkan Rp40 juta, juara 2 Rp30 juta, juara 3 Rp20 juta, dan kategori grant sebesar Rp5 juta untuk 7 tim lainnya.

    Jika kalian tertarik untuk mendaftarkan startup dan tim kalian, tinggal klik link ini untuk informasi lebih lengkap dan proses registrasinya.

    Good luck!

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini