Startup

Memiliki Reputasi Baik jadi Alasan Investor Danai Tanijoy

  • 28 July 2021
  • Bagikan :
    Memiliki Reputasi Baik jadi Alasan Investor Danai Tanijoy

    Uzone.id - Penggelapan dana yang diduga dilakukan startup Tanijoy semakin membuat investor geram. Sebanyak 400 investor terancam kehilangan dana yang mereka tanam di projek-projek pertanian di website dan aplikasi Tanijoy.

    Dana-dana tersebut berada diambang ketidakpastian setelah tidak ada jawaban dari Tanijoy, padahal proyek-proyek yang mereka ikuti telah selesai.

    “Saya investasi di Tanijoy sejak 2019, sampai sekarang kerugian saya sekitar Rp142 juta dari total 15 projek. Semua proyek yang belum selesai, tidak ada kabar. Yang sudah selesai dan ada laporannya, dananya belum cair sudah satu tahun lebih,” ujar Yohanes, salah satu lender di Tanijoy dalam siaran pers yang dibagikan Himpunan Lender Tanijoy, Senin (26/07).

    BACA JUGA: Cara Aktifkan Game Floating Windows di OPPO Reno6

    Yohanes juga menyebutkan jika laporan projek dibuat mirip dan tidak ada transparansi pada manajemen dalam pengelolaan proyek tani mereka. Manajemen Tanijoy dinilai lalai dalam melakukan supervisi dan dalam memastikan kelancaran proyek.

    Pada 7 Mei 2021, Founder Tanijoy akhirnya mengadakan sebuah virtual meeting dengan 72 investor dengan topik Klarifikasi dan Komunikasi Kesepakatan Tanijoy dan Lender.

    Namun, dalam meeting tersebut, Tanijoy terkesan lepas tangan dan mengaku sebagai perantara saja. Sedangkan untuk urusan pendanaan, itu merupakan urusan petani dan pendana.

    Dalam pertemuan ini, Tanijoy berjanji akan mengembalikan uang pendana dalam waktu 3 tahun dari bisnis Tanijoy yang lain, Tanijoy Trade.

    “Akhirnya setelah virtual meeting dengan Tanijoy 7 Mei, sesuai janji manis Tanijoy, saya masuk daftar antri di Batch 8 untuk dapat pengembalian dana, tapi sampai saat ini, Juni 2021, Tanijoy belum mengembalikan uang saya sepeserpun,” kata Fadhil, salah satu pendana di Tanijoy.

    Para investor menyebutkan bahwa alasan mereka mempercayai investasi di Tanijoy adalah karena startup ini dinilai telah memiliki reputasi yang cukup bagus dan sering mendapat penghargaan seperti Best Social Impact Startup Pilihan Tempo 2018, Top 20 thought for Food di Rio de Janeiro, Top 11 e27 Startup, dan lainnya. Selain itu, prospek dan ROI dari Tanijoy dianggap bagus.

    “Alasan menginvestasikan dana di Tanijoy karena prospek dan ROI yang bagus. Tapi, ternyata banyak masalah di Tanijoy, semua projek terkesan dimundurkan dan digagalkan secara serentak oleh Tanijoy,” ungkap Fadhil.

    Kini, sebanyak 400 pendana ingin menyelesaikan perkara raibnya uang sebanyak Rp4.169.966.000 dari 106 proyek yang diduga digelapkan oleh pihak Tanijoy.

    Para investor meminta pemerintah, media, kepolisian dan badan berwenang untuk membantu dan mendampingi 400 pendana Tanijoy agar mendapatkan haknya kembali atas dugaan penggelapan dana yang dilakukan startup P2P lending Tanijoy.

    VIDEO Fitur WhatsApp terbaru, Apa Aja?

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini