icon-category Technology

Menakar Kekuatan Layanan Data Operator di Kepulauan Belitung

  • 21 Dec 2016 WIB
  • Bagikan :

    BELITUNG (IndoTelko) – Menyebut nama Belitung, kita akan teringat sebuah film yang cukup fenomenal, realisasi dari sebuah novel karya Adrea Hirata, Laskar Pelangi. Film inilah yang makin membuat nama Belitung mendunia dan muncul sebagai kekuatan baru destinasi wisata.

    Wisatawan lokal khususnya yang sempat menonton film Laskar Pelangi, dibuat penasaran untuk melihat secara langsung keindahan pantai Belitung yang banyak terdapat batu-batu granit berukuran besar.  Pun Replika sekolah Muhamadyah Laskar Pelangi dan Museum kata Andrea Hirata tak luput menjadi daya tarik.

    Inilah yang membuat operator telekomunikasi getol meningkatkan layanan dan coverage area di kawasan ini.  Telkomsel dan XL secara resmi sudah menggelar layanan 4G untuk wilayah Belitung khususnya kawasan Pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi yang merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi.

    Pihak Kementerian Pariwisata pun tak henti menghimbau dan mengajak operator telekomunikasi untuk memberikan layanan di setiap destinasi wisata. 

    Pulau Belitung terbagi menjadi dua kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar.

    Bagaimana kekuatan jaringan operator di kawasan Belitung dan sekitarnya?  Apakah lima operator yang memiliki lisensi nasional seperti Indosat, Telkomsel, Tri, Smartfren dan XL sudah benar-benar memberikan layanan terbaiknya?  Tim IndoTelko kembali menguji kekuatan kelima operator.

    Proses pengujian kami mulai pada Selasa, 20 Desember 2016 yang menurut rencana akan berakhir pada Kamis, 22 Desember 2016. 

    Dalam proses uji jaringan ini kami tetap mengandalkan 3 aplikasi yang biasa kami gunakan, antara lain : Sensorly, SpeedTest, dan nPerf.  Sedangkan ponsel yang kami gunakan adalah Asus Zenfone 3 Max yang akan segera diluncurkan pada Januari mendatang.

    Seperti biasa, hasil uji kami paparkan dalam beberapa artikel sesuai destinasi dan titik uji yang kami kunjungi.  Nantikan hasil uji jaringan dari kawasan Belitung dan sekitarnya.(sg)

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini