home ×
Digilife

Menangkap Siaran TV Digital Tidak Perlu Internet

31 July 2021 By
Menangkap Siaran TV Digital Tidak Perlu Internet
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Jack Dong / Unsplash)

Uzone.id - Mungkin sebagian masyarakat Indonesia masih banyak yang bertanya, apa sih TV digital atau Analog Switch Off (ASO) itu?

Ada yang mengira siaran TV analog berubah ke siaran TV digital itu harus menggunakan layanan internet. Ternyata tidak perlu!

Jadi, untuk menangkap siaran TV digital tidak perlu pakai internet atau tidak perlu pakai layanan jaringan intenet yang mengandalkan pulsa internet.

BACA JUGA: Cara Menangkap Siaran TV Digital

Menggunakan siaran TV digital itu hampir sama dengan siaran TV di rumah yang kita pakai selama ini.

TV analog atau TV terestrial ketika dipindahkan ke TV digital tidak perlu internet, tapi yang diperlukan adalah Set Top Box (STB).

Televisi terestrial adalah sistem penyiaran televisi yang tidak melibatkan transmisi satelit, dan banyak yang menggunakan gelombang radio melalui pemancar atau antena televisi.

"STB ini untuk perangkat TV yang lama, kalau TV kita sudah baru, sudah ready to digital, sudah ada perangkatnya digitalnya. Di situ tinggal searching (melalui fitur yang tersedia pada televisi tersebut)," tutur Henri Subiakto, Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Kominfo, menjelaskan hal tersebut saat berbicara di acara sosialisasi "TV Digital Provinsi Aceh" melalui virtual pada Kamis (29/7/2021). 

Henri menjelaskan, Provinsi Aceh (Kota Banda Aceh dan Aceh Besar) telah dipilih pemerintah menjadi wilayah untuk sosialisasi TV digital. Jadi, pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti, Kota Banda Aceh dan Aceh Besar akan dimatikan tv analognya dan harus migrasi ke TV digital dengan memanfaatkan STB atau dengan searching di TV yang sudah tersedia fitur penangkap siaran TV digital.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id