icon-category Travel

Menanti Keelokan Matahari Terbit di Punthuk Setumbu

  • 19 Oct 2018 WIB
  • Bagikan :

    (Pemandangan matahari terbit dari Punthuk Setumbu/Pesona Indonesia)

    Uzone.id - Saat liburan, kamu bisa melakukan banyak aktivitas sederhana namun menyenangkan. Menunggu matahari terbit, misalnya.

    Salah satu destinasi di Indonesia yang menawarkan panorama indah ini, yaitu Punthuk Setumbu, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

    Mengutip Pesona Indonesia, Punthuk Setumbu berada di gugusan Pegunungan Menoreh. Mulanya, tempat ini hanya sebuah bukit biasa dan dipakai penduduk setempat untuk berladang.

    Baca: Ke Danau Limboto Gorontalo, Burung dari Berbagai Belahan Dunia Bermigrasi

    Lokasi ini mulai terkenal sejak seorang fotografer mengambil potret matahari terbit di sini. Terlebih ketika Punthuk Setumbu menjadi salah satu lokasi syuting film Ada Apa dengan Cinta 2, semakin banyak wisatawan berdatangan ke sini.

    Yang hadir di depan mata memang bukan sekadar matahari terbit, melainkan semburat cahaya keemasan yang perlahan menyembul di antara Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Candi Borobudur.

    Perpaduan semua itu menghasilkan pemandangan yang menakjubkan. Bahkan, mengutip Pesona Indonesia, Punthuk Setumbu diberi julukan “Borobudur Nirwana Sunrise”.

    Baca: Terhipnotis Keindahan Kawah Putih di Bandung

    Supaya tidak ketinggalan momen berharga ini, kamu sudah harus tiba di Punthuk Setumbu sebelum matahari terbit. Kalau bisa, datang maksimal pukul 05.00 WIB.

    Di puncak terdapat area lapang untuk tempat berkumpul para pengunjung. Tersedia pula tempat duduk dan gazebo.

    Punthuk Setumbuh terletak tidak jauh dari Yogyakarta. Jarak tempuhnya sekitar satu hingga satu setengah jam menggunakan kendaraan pribadi.

    Baca: Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut yang Wajib Kamu Lihat

    Pakailah alas kaki yang aman dan nyaman bila ingin datang ke Punthuk Setumbu. Sebab jalur untuk berjalan kaki dari area parkir menuju lokasi utama cukup menanjak.

    Namun semua kelelahan terbayar tuntas, ketika kaki sudah mencapai puncak Punthuk Setumbu. Sebab di antara kabut tipis, dan pucuk-pucuk Gunung Merapi, Gunung Merbabu, serta Candi Borobudur, matahari terbit perlahan. Indah.




    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini