Digilife

Mencicil dengan Bijak Gadget Impian di e-Commerce

  • 31 December 2021
  • Bagikan :
    Mencicil dengan Bijak Gadget Impian di e-Commerce Ilustrasi (Dok: Unsplash)

    Uzone.id - Mampu memberikan fasilitas cicilan kepada setiap penggunanya saat berbelanja, kartu kredit menjadi salah satu produk keuangan yang diidam-idamkan masyarakat.

    Belum lagi tawaran seperti diskon, cashback, dan bunga 0 persen mampu membuat aktivitas berbelanja makin menguntungkan dan menyenangkan. Hanya saja, karena proses dan syarat pengajuannya yang terbilang sulit, kartu kredit hanya bisa diakses oleh sebagian kalangan saja.

    Untungnya, seiring perkembangan teknologi, kini muncul layanan keuangan berbasis digital yang memiliki cara kerja mirip kartu kredit. Layanan tersebut dikenal dengan sebutan cicilan tanpa kartu kredit atau kredit online.

    Dengan memanfaatkan aplikasi pinjaman online tersebut, Anda jadi lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan dengan harga relatif mahal, misalnya, barang elektronik.

    Terlebih jika berkaitan dengan urusan pekerjaan, kebutuhan akan barang elektronik seperti smartphone dan laptop tidak bisa dikesampingkan. Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membeli barang elektronik secara mencicil tanpa kartu kredit, berikut bocorannya.

    Lakukan Pembelian di E-Commerce atau Toko Online

    Siapa yang belum pernah berbelanja secara online? Bisa dibilang, belanja online telah menjadi salah satu gaya hidup yang dimiliki oleh masyarakat modern masa kini.

    Mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier seperti produk elektronik semuanya bisa dibeli secara online di e-commerce maupun toko online.

    Baca juga: Hati-hati Modus Online Berkedok Airbnb

    Kebanyakan e-commerce pun telah menyediakan beragam metode pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumen, salah satunya cicilan tanpa kartu kredit. Yang terpenting, cek dulu kredibilitas toko online dan pastikan terpercaya.

    Khusus untuk pembelian produk elektronik atau barang lainnya yang memiliki harga relatif mahal, jangan lupa untuk membandingkan harga di beberapa toko sekaligus.

    Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk dengan harga paling murah, namun kualitasnya tetap terjamin.

    Pilih Metode Pembayaran Cicilan Tanpa Kartu Kredit dari Layanan Kredibel

    Di sejumlah e-commerce dan toko online yang tawarkan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit, ada beberapa lembaga keuangan yang bisa dipilih oleh konsumen. Walaupun semuanya pasti telah terbukti legal dan terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, Anda tetap perlu melihat kredibilitas layanan cicilan online.

    Cek persyaratan dan ketentuan pengajuan cicilan tanpa kartu kredit dan pastikan untuk mampu memenuhi semuanya.

    Cari tahu pula tingkat bunga yang dibebankan, variasi tenor yang tersedia, dan biaya-biaya lain yang menjadi tanggungan konsumen lalu lakukan perbandingan.

    Tentunya, pilih layanan cicilan tanpa kartu kredit yang dirasa paling menguntungkan, terjangkau, dan sesuai dengan kondisi finansial Anda.

    Tentukan Tenor agar Cicilannya Sesuai Kemampuan Finansial

    Sebagai produk yang dibanderol dengan harga relatif mahal, kebanyakan orang cenderung membeli barang elektronik dengan mencicil karena lebih mudah dijangkau keuangan. Namun, tetap perhatikan pula nominal cicilan yang nantinya harus dibayar setiap bulan dan pastikan finansial sanggup membayarnya dengan lancar.

    Idealnya, beban cicilan yang boleh dimiliki seseorang adalah 30 persen dari penghasilan bulanan. Apabila nekat memiliki cicilan lebih dari rasio tersebut, takutnya kebutuhan lain yang tak kalah penting tak mampu dipenuhi.

    Selesaikan Tanggungan Cicilan Ini Sebelum Ajukan Cicilan yang Baru

    Kebanyakan layanan cicilan tanpa kartu kredit sekarang ini memang sudah berani memberikan limit kredit yang luwes kepada nasabahnya. Akan tetapi, bukan berarti Anda boleh menggunakan layanan tersebut hingga titik puncaknya. Melainkan, usahakan untuk melunasi beban cicilan dari pembelian sebelumnya saat akan mengajukan kredit yang baru.

    Mengapa hal ini penting untuk dilakukan? Alasannya agar Anda lebih mudah mengatur keuangan dan membuat cash flow lebih lancar.

    Baca juga: Manfaat Belajar Alquran Online

    Tanpa urgensi tinggi, jangan membuat cicilan baru sebelum cicilan sebelumnya terlunasi. Dengan melakukan hal tersebut, dijamin keuangan akan tetap stabil dan layanan cicilan tanpa kartu kredit menjadi lebih bermanfaat serta tak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

    Beli Barang Elektronik Pakai Cicilan Tanpa Kartu Kredit Bisa Meminimalkan Beban Finansial

    Itulah penjelasan mengenai cara membeli barang elektronik secara mencicil tanpa kartu kredit. Karena harganya yang cukup mahal, tak sedikit orang harus merelakan isi tabungannya terkuras habis hanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan membuat keuangan lebih rentan terpapar masalah.

    Nah, agar keuangan tetap stabil karena dana darurat masih terjaga, tidak ada salahnya untuk membeli barang elektronik menggunakan cicilan tanpa kartu kredit asalkan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini