icon-category Digilife

Mencoba Work From Rest Area, Internetan Gak Insecure Pakai Ini!

  • 28 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Rest Area KM 39 (Vina/Uzone.id)

    Uzone.id - Tahun ini bakal jadi tahun perdana setelah 2 tahun mudik absen karena pandemi, maka dari itu mudik kali ini disebut-sebut sebagai ajang balas dendam untuk membayar hutang mudik dua tahun ke belakang.

    Sebagai seorang yang merantau untuk bekerja, tentunya kita (khususnya saya) harus tetap memenuhi kewajiban yang diberikan. Maka dari itu, walau sedang dalam perjalanan menuju kampung halaman, kalau ada pekerjaan yang tak bisa ditunda, ya terpaksa harus melipir dulu ke Rest Area terdekat.

    Yang jadi masalah ketika Work From Rest Area itu sebenarnya ketersediaan jaringan internet. Kalau di kantor mungkin bisa mengandalkan internet yang disediakan. Kalau di luar? Pakai hotspot dari smartphone sebenarnya bisa-bisa saja, tapi ribet dan harus siap sedia charger karena bikin baterai hp jadi boros.

    Kita inginnya kalau WFA tuh ya kaya WFO aja, jaringan internet stabil, tinggal connect ke wifi dan selesai. Nah, masalah ini akhirnya dapat ditangani berkat layanan wifi untuk publik dari Telkom, Wifi.id. 

    Baca juga: VLOG: Jakarta-Lampung Nginep di Campervan, Seberapa Seru?

    Saat itu, kebetulan saya menyempatkan diri untuk melanjutkan pekerjaan di Rest Area KM 19.

    IMG_20220427_104238

    Saya mencoba layanan Wifi.id di salah satu spot yang disediakan, yaitu di Starbucks Coffee. Pertama, connect-an dulu wifi di laptop dengan Wifi.id, lalu pengguna akan diarahkan ke login page untuk memasukkan username dan juga password.

    Kemudian setelah berhasil terhubung, jaringan internet sudah bisa digunakan. Selama kurang lebih 2 jam, jaringan internet Wifi.id ini sama sekali tak menghambat saya untuk bekerja, lancar dan tidak ada buffering.

    Nonton YouTube untuk selingan juga gak masalah, bahkan dengan resolusi paling tinggi pun tidak ada kata loading.

    Karena penasaran, saya coba untuk menguji kecepatan jaringan yang tersedia di aplikasi Speedtest, hasilnya 38,5Mbps untuk pengunduhan dan juga 2,18Mbps untuk pengunggahan.

    Setelah selesai dengan tugas pertama, saya kemudian melanjutkan perjalanan dan berencana untuk mampir di KM 39 untuk menyelesaikan pekerjaan yang tersisa.

    Kali ini saya mencoba untuk mencari tempat yang lebih terbuka, tepat menghadap jalanan tol Jakarta-Cikampek, akhirnya saya sambungkan kembali jaringan ke Wifi.id dan melanjutkan pekerjaan.

    IMG_20220427_135550

    Baca juga: 2 Tahun Dihantam Pandemi, Saatnya Revenge Mudik!

    Walaupun dalam posisi di luar ruangan, jaringan internet Wifi.id juga tetap lancar dan memadai pekerjaan saya, mulai dari searching, buka website, buka YouTube, membuka layanan streaming musik dan lainnya. Ketika dites, kecepatan Wifi.id di KM 39 ini sekitar 22,7Mbps (unduh) dan 22,6Mbps (unggah).

    Walau begitu, Wifi.id di KM 39 ini tidak tersedia di banyak spot, hanya tersedia di dekat Starbucks Coffee dan sekitarnya.

    Beberapa spot Wifi.id yang tersedia sepanjang tol Jakarta-Cikampek adalah sebagai berikut:

    Rest Area KM 19 (KFC, 19A, Starbucks Coffee, Food Court), Rest Area Tol Jagorawi 36 (Starbucks Coffee, KM 36A, KM 36B, KM 36C) Rest Area Merak (Pintu Masuk Utama, Dermaga Antrian Mobil Kapal 1 dan 2, Lorong Masuk Penumpang, Ruang Tunggu Dermaga 1 dan 2, Depan Loket Tiket, Lorong Dunkin Donuts, Dekat Parkiran), Rest Area KM 226, Rest Area Tol Cipularang KM 72A (Kedai Bang Win), dan Rest Area KM 125 Tol Purbaleunyi (KFC Box dan RM Batagor Citra Belakang).

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini