home ×
Digilife

Mengaktifkan Jaringan 5G di Smartphone Oppo

21 May 2021 By
Mengaktifkan Jaringan 5G di Smartphone Oppo
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Oppo merupakan vendor yang paling pertama meluncurkan smartphone 5G. Tidak heran jika mereka memiliki beberapa pilihan smartphone berbasis 5G yang bisa digunakan di Indonesia.

Meski sudah terjual dan sebagian besar Oppo Fans menggunakannya, jaringan tersebut belum bisa digunakan. Bukan karena salah Oppo, melainkan karena layanan 5G belum kunjung direstui oleh pemerintah. Namun sekarang restu sudah dikantongi. Beberapa operator, yakni Telkomsel dan Indosat, sudah melakukan uji layak operasi jaringa 5G.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan layanan 5G di smartphone Oppo jika operator sudah resmi mengkomersilkannya, yang pasti dalam waktu dekat?

Baca juga: Bersiap Jajal 5G, Ini Rekomendasi Smartphone Oppo

Untuk menikmati jaringan 5G, pengguna bisa mengaktifkannya melalui menu Pengaturan. Dari situ, klik Jaringan Selular, pilih SIM card yang digunakan, lalu pilih Preferred Network Type (Tipe Jaringan yang Diinginkan).

Dari Tipe Jaringan yang Diinginkan, akan terlihat beberapa pilihan layanan sepert 2G, 3G, 4G, 5G atau Auto. Memilih Auto berarti a perangkat akan memilih layanan dengan jaringan yang paling baik sesuai dengan sim card yang digunakan.

Nah, jika 5G belum muncul di antaranya pilihan tersebut, ini berarti layanan telekomunikasi yang digunakan belum mensupport 5G.

Baca juga: 5G Komersial di Indonesia Tak Lama Lagi

Namun begitu, pihak Oppo memastikan jika layanan 5G di smartphone-nya masih dikunci dan tidak diperkenankan untuk di-unlock oleh konsumen sendiri. Maka dari itu, Oppo menyarankan untuk bersabar sambil menunggu sistem jaringan 5G milik operator telekomunikasi berjalan dengan sempurna.

"Saat ini kami masih berkoordinasi dengan pihak operator. Nantinya unlock 5G akan dilakukan lewat proses OTA. Ini tidak semudah yang kita bayangkan. Jadi harus menunggu proses dari operator," ujar PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, kepada Uzone.id, Jumat, 21 Mei 2021.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id