icon-category Travel

Mengapa Berlibur di Alam Bebas Lebih Baik untuk Kamu?

  • 02 Jan 2019 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Unsplash)

    Uzone.id - Ada begitu banyak pilihan destinasi wisata untuk kamu, mulai dari kota metropolitan, pantai, gunung, sampai daerah pedesaan. Namun, mengutip National Trust, berjalan kaki di hutan atau taman yang tenang, menelusuri bibir pantai, atau menghabiskan waktu di alam bebas dapat memberikan rasa damai.

    Ada beberapa alasan yang membuat aktivitas ini menjadi istimewa. Berjalan kaki dapat menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Berjalan kaki juga memberikan kita ruang untuk bernapas di tengah tekanan hidup sehari-hari.

    Baca: 3 Kuliner Wajib Coba di Pemalang

    Menjelajahi daerah pedesaan juga membawa kita lebih dekat dengan alam, menyajikan kesempatan untuk memperhatikan bagaimana tetes hujan menempel pada jaring laba-laba atau mendengarkan gerisik daun yang ditiup angin.

    Saat menjelajahi hutan atau pantai, masing-masing dari kita akan fokus pada hal-hal berbeda. Entah itu melihat burung terbang di antara pohon atau menyaksikan debur ombak bersama orang tercinta.

    Baca: 5 Tradisi Unik Malam Tahun Baru di Seluruh Dunia

    Menurut sebuah survei dari Natural England, orang-orang menghabiskan waktu di alam bebas untuk alasan kesehatan dan olahraga (50 persen), jalan-jalan dengan hewan peliharaan (38 persen), dan bersantai (34 persen).

    Temuan ini juga menunjukkan bahwa 88 persen orang setuju bahwa menghabiskan waktu di alam bebas membuat mereka merasa tenang dan santai. Lantas, 86 persen orang mengatakan bahwa mereka merasa segar dan bersemangat kembali.

    Baca: 5 Makanan Wajib Coba di Asian Market Café, Restoran Halal di Singapura

    Di samping itu, menghabiskan waktu di alam bebas memang dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Demikian menurut sebuah laporan yang diproduksi oleh mental health charity (MIND). Laporan ini juga menyatakan bahwa berada di luar ruangan dapat meningkatkan suasana hati, terutama selama musim dingin.

    Jadi, kapan kamu merencanakan liburan di alam bebas demi kehidupan yang lebih baik?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini