Mengenal 6 Jenis Mi Terpopuler Asal Jepang

19 Hour's ago by
Mengenal 6 Jenis Mi Terpopuler Asal Jepang

Selain nasi, mi menjadi makanan pokok masyarakat Jepang. Karenanya, banyak olahan mi yang bisa kamu temukan di Negeri Sakura. 

Ramen, sukiyaki dan oden adalah contoh menu hidangan mi yang menjadi favorit penduduknya. Ketiga menu tersebut menggunakan jenis mi yang berbeda sebagai bahan utamanya. 

Ya, menjadi makanan pokok, Jepang memang memiliki varian mi dengan tekstur dan ketebalan yang berbeda. Penggunaannya pun disesuaikan berdasarkan olahan mi yang dibuat. 

Lantas, jenis mi apa saja yang bisa kamu temukan di Jepang? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum enam jenis mi khas Negeri Sakura:

 

1. Ramen

Di antara jenis mi yang ada di Jepang, ramen adalah mi yang paling populer. Ramen terbuat dari campuran tepung terigu protein tingi dengan air. Campuran kedua bahan tersebut menghasilkan tekstur mi yang kenyal dan bergelombang. 

Untuk menyajikannya, ramen akan disiram dengan kuah kaldu khas Jepang seperti miso, tonkotsu dan shoyu, lalu ditaburi topping menma (rebung), daging, dan rajangan daun bawang.

 

2. Shirataki

Shirataki adalah mi yang terbuat dari campuran tepung terigu dan konnyaku, olahan agar-agar yang berasal dari umbi. Sekilas, bentuk dan teksturnya terlihat seperti bihun atau soun. Jenis mi shirataki biasanya sering ditemukan pada hidangan oden sukiyaki.

 

3. Soba

Terbuat dari gandum dan cokelat, soba memiliki warna dan tekstur yang lebih tipis dari jenis mi lainnya. Di Jepang, mi jenis ini kerap diolah menjadi makanan panas atau dingin. Ya, selain disajikan dalam mangkuk berisi kuah kaldu, soba akan disajikan dingin lengkap dengan saus khas Jepang. 

 

4. Somen

Somen adalah mi berukuran sangat tipis yang terbuat dari tepung terigu. Bahkan, ketebalannya hanya sekitar 1 mm saja. Meski begitu, somen memiliki tekstur yang lembut dan kenyal saat disantap. 

Serupa dengan soba, somen juga kerap disajikan dalam kondisi dingin. Biasanya, untuk membuat sajian ini semakin segar, orang Jepang akan menambahkan taburan es serut sebelum menyantap somen.

 

5. Hiyamugi

Hiyamugi merupakan mi yang dihasilkan dari campuran somen dan udon. Bertekstur lembut dengan ukuran mi yang tak terlalu tebal. Untuk penyajiannya, hiyamugi akan dihidangkan dengan kuah kaldu daging, atau dibuat kering dengan saus celup.

 

6. Udon

Jenis mi Jepang yang terakhir adalah udon. Udon merupakan jenis mi bertekstur kenyal dan padat yang memiliki ketebalan sekitar 4-6 mm. 

Di Jepang sendiri, udon biasanya dihidangkan dengan kuah miso atau shiyu yang diberi aneka topping daging dan sayuran. Namun, tak jarang udon diolah menjadi tumisan mi bercita rasa pedas sedikit manis.

Mie Mi Jepang 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
8 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
agus kurniawan 23 April 2018 | 12:10:17

di jepang sendiri udon biasanya dihidangkan dengan kuah miso atau shiyu yang diberi aneka topping daging dan sayuran. namun tak jarang udon diolah menjadi tumisan mi bercita rasa pedas sedikit manis.

suyanto suyanto 09 March 2018 | 19:58:36

informatif

sutisno hamdan 24 February 2018 | 09:27:53

mantap

heri sungkono 23 February 2018 | 09:19:29

negara penggemar mie ini

rian yakusa 22 February 2018 | 14:27:46

wah luarbiasa

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top