Auto

Mengenal Andi Gilang, Pembalap Moto2 Asal Indonesia

  • 25 October 2020
  • Bagikan :
    Mengenal Andi Gilang, Pembalap Moto2 Asal Indonesia

    Andi Gilang (Instagram @27_andigilang)

    Uzone.id - Andi Farid Izdihar atau dikenal Andi Gilang (23) lahir dari pasangan Andi Suriadi dan Andi Rina Siviana.saat ini jadi pembalap Moto2 untuk Idemitsu Honda Team Asia.

    Lelaki kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada 14 Agustus 1997, itu pertama kali kenal balap motor di usia 8 tahun. Kemudian mengenyam kompetisi lokal di Kabupaten Bulukumba di usia 10 tahun.

    Kemudian, Andi mengikuti pengembangan pebalap muda Astra Honda Racing pada 2010

    Di tahun 2011 - 2013, Andi ikut Indospeed Race Series dengan mengendarai Honda CBR150R. Selain itu, Andi juga terlibat dalam Region 2 Motoprix bergabung dengan tim Honda Daya Golden.

    Andi juga tercatat sebagai salah satu peserta balap sepeda motor di Pakan Olahraga Nasional 2016 mewakili Jawa Barat. Andi memperoleh emas di individu Underbone A, dan perak di tim Underbone A.

    BACA JUGA: Mandalika Racing Team Indonesia Akan Diresmikan di Hari Sumpah Pemuda

    Andi Gilang (Foto: Instagram @27_andigilang)

     

    Dia melakukan debut karier internasional di ajang Asia Dream Cup 2014. Andi berhasil meraih posisi ke-6. Setelah itu, dia berlaga di Asia Talent Cup 2015 dan memenangkan lomba di Sirkuit Losail, dan menempati posisi ke-2 di Sirkuit Sepang.

    Total, Andi meraih 104 poin dan menduduki peringkat ke-9 di klasemen akhir 2015.

    Dia juga balapan di Suzuka 4 Hours berpasangan dengan Aditya Pangestu dan meraih finis ke-2.

    Andi mengikuti ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship 2016 lewat Astra Honda Racing Team. Belapan musim pertama di Eropa, Andi mendapat peringkat ke-32 di klasemen, saat finis di urutan ke-15 di Sirkuit Portimao.

    Astra Honda Racing mempertahankan Andi untuk Kejuaraan Dunia Junior FIM CEV Moto3 2017, dan finis di urutan ke-5 di Circuito de Albacete. Secara keseluruhan, Andi meraih posisi 20 besar atau ke-17 di klasemen akhir.

    Andi Gilang (Foto: Instagram @27_andigilang)

     

    Selain itu, dia juga balapan di kelas AP250 Asia Road Racing Championship (ARRC), sebagai wildcard untuk putaran Sentul. Andi meraih posisi ke-2 dan ke-3 dalam 2 balapan putaran tersebut.

    Setelah posisinya di CEV Moto3 diambil alih oleh Gerry Salim, Andi ditunjuk Astra Honda Racing untuk mengendarai Honda CBR600RR di ARRC 2018, di kelas Supersport 600 (SS600). Dia meraih dua kemenangan di babak Sentul.

    Hasil tersebut menempatkan Andi dalam perebutan gelar juara karena mendapat peringkat 3 setelah putaran Sentul.

    Namun, pada babak terakhir di Sirkuit Chang, Andi cuma finis ke-7 dan ke-8, serta peringkat ke-5 di klasemen akhir.

    Dia melanjutkan balapan di kelas ARRC SS600 2019 bersama Astra Honda Racing di mana Andi mendapat peringkat ke-5 di klasemen akhir dengan 2 podium di Sirkuit Sepang dan di The Bend Motosport Park.

    Kejuaraan Dunia Moto2

    Pada 2019, Andi dipilih tim Astra Honda Racing untuk balapan Moto2 di beberapa putaran musim. Ia terlibat dalam balapan Misano Moto2 2019 sebagai pengganti Dimas Ekky Pratama di Idemitsu Honda Team Asia yang absen karena cedera, dan berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-24.

    Di Moto2 2020, Andi menggantikan posisi Dimas secara permanen di Idemitsu Honda Team Asia. (Sumber: Wikipedia)

     

    VIDEO Mitsubishi Xpander Black Edition + Bonus Scene Xpander Cross Rockford Fostgate

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini