home ×
Lifestyle

Mengenal Macam-Macam Panggilan di Korea

30 June 2017 By
Mengenal Macam-Macam Panggilan di Korea
Share
Share
Share
Share

Buat kamu yang baru saja menjadi K-Pop lovers (welcome!), mungkin masih asing dengan bebeberapa panggilan yang sering muncul dalam K-drama atau Reality Show. Sebelum salah tanggap, yuk kenali macam-macam panggilan berikut ini.

1. Oppa

Panggilan untuk kakak cowok ini rasanya cukup populer akhir-akhir ini. Oppa digunakan oleh cewek kepada cowok yang lebih tua atau kakak laki-laki kandung. Oppa merupakan sebutan yang menunjukkan hubungan dekat, spesial, dan romantis. Nggak sedikit, cewek korea memanggil pacarnya dengan panggilan Oppa. Namun, panggilan ini termasuk sensitif bagi sebagian cowok. Jungkook BTS pernah sempat kaget dan kesal saat dipanggil Oppa oleh fans yang kelihatannya seumuran.

 

2. Eommonim / Eommoni

Panggilan untuk ibu dalam bentuk formal atau hormat.

 

3. Eomma

Panggilan sayang anak untuk ibu yang lebih akrab.

 

4. Aboji / Abonim

Panggilan anak kepada ayah dalam bentuk formal atau hormat.

 

5. Appa

Panggilan manjanya anak pada ayahnya.

 

6. Haraboji dan Halmoni

Artinya kakek dan nenek.

 

7. Ahjumma dan Ahjussi 

Wanita dan pria yang sudah paruh baya.Panggilan ini digunakan untuk keluarga dekat atau sapaan pada orang asing yang sudah paruh baya. Namun, harus hati-hati dalam penggunaannya, karena sensitif untuk orang yang belum mau dipanggil Ahjumma atau Ahjussi. Jadi, harus dilihat dulu apakah mereka benar-benar sudah tua atau belum dan nggak masalah jika kita memanggilnya dengan sebutan tersebut, ya!

 

8. Dongsaeng

Panggilan untuk adik. Biasanya digunakan untuk saudara sedarah atau teman dekat yang sudah dianggap seperti saudara. Panggilan ini dapat digunakan untuk cewek atau cowok. Untuk membedakannya, kita cukup menambahkan Yeo pada adik cewek, YeoDongsaeng. Sedangkan untuk adik cowok kita tambahkan Nam menjadi NamDongsaeng.

 

9. Noona

Panggilan yang digunakan oleh cowok pada kakak ceweknya. Ini bisa juga digunakan untuk saudara kandung atau teman dekat.

 

10. Sunbae

As a newbie I often hear this in the k-drama, Cheese in the trap. Sunbae... Sunbae.... Sunbae... Dari situ, aku penasaran apa artinya. Ternyata sunbae berarti kakak senior. Agar lebih formal lagi, ditambah dengan kata nim menjadi Sunbae-nim.

 

11. Hoobae

Kalau yang ini sapaan untuk adik kelas tapi penggunaan panggilan ini lebih jarang. Kakak senior biasanya lebih senang memanggil adik kelasnya dengan nama dari si adik kelas.

 

12. Eonnie

Panggilan untuk kakak cewek, digunakan hanya dikalangan cewek atau sapaan cewek buat cewek juga.. Tapi, jangan heran kalau sekarang cowok juga suka manggil cewek dengan sapaan onni.

 

13. Hyung

Berarti kakak cowok yang digunakan dikalangan cowok atau sapaan cowok buat cowok juga. Bisa dipakai buat saudara kandung atau teman dekat.

 

14. Hyungnim

Panggilan formalnya dari hyung. Panggilan ini digunakan untuk cowok yang punya hubungan formal.

 

15. Chagiya

Sebuah bentuk ungkapan sayang yang digunakan oleh sepasang kekasih. Mungkin, sekarang kamu bisa panggil pacar dengan panggilan ini, biar mirip drama Korea :)

 

16. Samchon dan Imo

Paman dan bibi atau om dan tante versi lebih formal. Ini digunakan untuk orang yang punya hubungan keluarga.

 

17. Chingu

Ini juga sering aku dengar pada lirik lagu Korea. Chingu artinya teman. Jika temannya banyak dapat ditambahkan kata -deul, Chingudeul yang berarti teman-teman.

Wah, ternyata banyak banget kata panggilan di Korea. Kalau kamu tahu kata panggilan lainnya, please comment below, ya!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id