icon-category Travel

Mengenal Tradisi Lama di Hong Kong Lewat Festival Pertengahan Musim Gugur

  • 24 Sep 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kamu pernah mendengar tentang Festival Pertengahan Musim Gugur? Ya, ini merupakan salah satu festival terkenal di Hong Kong.

    Acara ini berlangsung pada 24 September alias hari ke-15 dari bulan ke-8 pada Kalender Lunar Tionghoa.

    Festival ini memperlihatkan tradisi Hong Kong yang sudah berlangsung sejak lama. Perayaan ini telah berkembang menjadi upacara penyembahan bulan menjelang panen musim gugur.

    Melalui festival ini, kamu dapat menyaksikan kota yang hidup dengan agenda menarik, seperti Century-Old Fire Dragon Dance yang berputar mengelilingi Tai Hang dan lampion yang menyinari langit malam.

    Baca: 5 Tempat Terbaik di Dunia untuk Menikmati Musim Gugur

    Selama Festival Pertengahan Musim Gugur, Hong Kong memiliki dua agenda besar, yaitu:

    Tai Hang Fire Dragon Dance (23 – 25 September 2018)

    Sebagai penghormatan terhadap perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur sejak zaman dulu, para penduduk Tai Hang berkumpul untuk ambil bagian dalam Tarian Naga Api Tai Hang selama tiga hari.

    Tarian ini tercantum dalam Daftar Nasional Warisan Budaya Tak Benda Tiongkok pada tahun 2011.

    Tradisi ini diperkirakan telah muncul sejak abad ke-19, sewaktu munculnya taifun dan wabah penyakit yang menghancurkan Tai Hang.

    Dengan mengarak sebuah naga yang terlihat ganas, para penduduk percaya bahwa mereka mampu mengusir roh jahat dan nasib buruk.

    Baca: Chungnam-do, Sebuah Provinsi di Korea Selatan dengan Pemandangan Eksotis

    Festival kali ini dimeriahkan oleh dentuman drum, gong, dan dupa. Sebanyak hampir 300 peserta terlatih membawa naga sepanjang 67 meter yang tertutup dalam hio bercahaya di sepanjang jalan.

    Saat naga tersebut melintas, perhatian kamu pasti langsung terpaku pada kepalanya yang seberat 70 kilogram. Wajar saja, kepalanya terbuat dari lembaran logam, jerami, dan rotan dengan dua obor elektrik sebagai mata.

    Mid-Autumn Lantern Carnivals 2018 (22 – 25 September 2018)

    Selama Festival Pertengahan Musim Gugur, Hong Kong tampak lebih hidup dengan tampilan lampion yang mengagumkan.

    Baca: Berkunjung ke Marvel Studio Singapura, Selfie Bareng Iron Man Sampai Thanos

    Kamu dapat mengikuti kegiatan ini melalui Karnaval Pertengahan Musim Gugur, yang berlokasi di Tai Po Waterfront Park, Victoria Park, Tuen Mun Park, dan Hong Kong Cultural Centre Piazza.

    Selagi lampion-lampion menghiasi langit malam, Kamu bersama warga lokal dapat menikmati suasana meriah di karnaval ini. Kamu pun bisa mempelajari cara pembuatan lampion tradisional.

    Kalau tidak sempat datang tahun ini untuk menyaksikan Festival Pertengahan Musim Gugur yang memesona, kamu bisa merencanakan liburan ke Hong Kong tahun depan. Menarik, bukan?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini