home ×
Digilife

Mengenang 25 Tahun Windows 95

25 August 2020 By
Mengenang 25 Tahun Windows 95
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Tanggal 24 Agustus 1995 atau tepat 25 tahun yang lalu, ratusan orang di Amerika Serikat mengantre di CompUSA atau Best Buy. Mereka bukan mengantre game atau iPhone terbaru, mereka menunggu tak sabar sebuah sistem operasi komputer, yang kita kenal Windows 95.

Windows 95 adalah salah satu kejayaan bagi Microsoft. Sistem operasi terbaik yang pernah dikeluarkan oleh Bil Gates dan rekan-rekannya.

Bukan tanpa alasan, saat itu Microsoft menambahkan banyak fitur ke Windows 95, tetapi yang terbesar adalah tombol Start baru, menu, dan bilah tugas yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan aplikasi dan menavigasi sistem operasi.

Suasana penjualan Windows 95


Perbaikan multitasking dan antarmuka grafis adalah lompatan besar dari Windows 3.1 dan masa MS-DOS.

Seperti dikutip Uzone.id dari The Verge, Selasa (25/8), Windows 95 tidak semuanya tentang tombol Start. Selain menjadi OS 32-bit, tambahan penting adalah dukungan untuk nama file yang panjang, hingga 250 karakter. Kedengarannya seperti fitur dasar pada tahun 2020, tetapi pada saat itu, penamaan dokumen menjadi jauh lebih mudah.

Baca juga: Fitur Windows 10 yang Bisa Digunakan di Samsung Galaxy Note20 Ultra

Fitur besar lainnya adalah pengenalan Plug and Play, untuk mendeteksi dan memasang perangkat keras secara otomatis.

Microsoft memiliki rencana lain yang sama ambisiusnya untuk Windows 95. Sebuah aplikasi Microsoft Network (MSN) baru hadir bersama dengan ikon yang menonjol di desktop.

MSN dirancang untuk menyediakan akses ke email, chat room, newsgroup, dan homepage WWW pertama melalui koneksi dial-up. Microsoft mengenakan biaya bulanan untuk mengakses MSN, dan jika menggunakannya lebih dari tiga jam sebulan, ada biaya tambahan.

Baca juga: Cara Upgrade ke Windows 10

Boleh dibilang, itu adalah hari-hari awal internet dan koneksi dial-up, dan MSN sekarang ada sebagai layanan web melalui berbagai aplikasi atau browser yang disesuaikan.

Microsoft bahkan memperkenalkan dukungan profil pengguna di Windows 95 untuk memungkinkan banyak anggota keluarga masuk dan memiliki profil terpisah mereka sendiri dengan tautan dan aplikasi.

Pembaruan berikutnya untuk Windows 95 juga memperkenalkan fitur-fitur baru sebelum Windows 98 tiba tiga tahun kemudian untuk meningkatkan segalanya.

Sekarang Windows 95 menjadi kenangan tetapi akan selalu terkenang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article