icon-category Gadget

Menggenggam Infinix Hot 40 Pro, Ponsel Rp2 Jutaan Buat si ‘Bocil FF’

Bagikan :

Uzone.id - Hot Series dari Infinix kini naik kelas speknya. Adalah Infinix Hot 40 Pro, smartphone harga Rp2 jutaan yang punya spek andal untuk main game kompetitif, seperti Free Fire dari Garena.

Sama seperti Hot 30 yang rilis tahun lalu, Infinix kembali menggandeng game Free Fire sebagai partner resmi untuk meluncurkan Infinix Hot 40 Pro. Maklum, game berjenis battle royale tersebut masih jadi salah satu game mobile yang populer di Indonesia.

Kalau kata La Ode Iman Toffani selaku Brand Communication Manager of Infinix Indonesia, kolaborasi ini tidak hanya menyematkan gambar karakter Free Fire saja dalam paket penjualan, tapi lebih dari itu.

“Hot Series juga selalu kolaborasi dengan game populer, sekarang kami menggandeng Garena Free Fire yang memastikan permainan semakin mulus,” jelasnya, dalam acara peluncuran Infinix Hot 40 Pro di Jakarta, Senin (19/2).

Infinix Hot 40 Pro, ‘iPhone’ versi murah

alt-img

Saat ini memang ada brand smartphone Android yang menghadirkan ponsel kelas menengah dengan desain yang terinspirasi dari iPhone terbaru, dan Infinix salah satunya. Desain yang ‘iPhone banget’ sangat kentara pada Infinix Hot 40 Pro.

Bodinya yang dibuat flat, kemudian bingkai kamera belakang yang lumayan mirip dengan iPhone 14 Pro maupun 15 Pro terbaru. Tiga lingkaran kamera besar - kami menyebutnya ‘kamera boba’ dengan satu LED flash di sudut kanan atasnya. 

Ukuran bingkai ini memang lebih besar dari iPhone, tapi desainnya terlihat hampir sama. Di sudut kanan bawah, ada tulisan ‘108 MP. Triple Camera’ yang mengisyaratkan peningkatan fitur kamera pada smartphone ini.

alt-img

Infinix Hot 40 Pro tersedia dalam empat warna, Palm Blue, Horizon Gold, Starlit Black, dan Starfall Green. Kebetulan, unit yang kami pegang adalah Horizon Gold, memperlihatkan warna emas gradasi dengan tekstur halus yang agak keset.

Warna ini berpadu dengan kelir silver glossy pada bingkainya. Adapun untuk material, Infinix menggunakan bahan polikarbonat atau plastik pada sasis maupun bodi belakang Hot 40 Pro.

Layar dengan Magic Ring

alt-img

Kalau iPhone ada Dynamic Island, Infinix punya Magic Ring. Punch hole atau lubang kamera pada Hot 40 Pro akan berubah seperti kapsul ketika ada notifikasi pesan yang masuk, panggilan telepon, status baterai, atau saat ponsel sedang diisi dayanya.

Soal layarnya, Infinix Hot 40 Pro punya layar yang besar, resolusinya pun tinggi. Panelnya IPS LCD dengan luas 6,78 inci dan sudah beresolusi Full HD+. 

Refresh rate-nya pun meningkat dari sebelumnya jadi 120Hz, dimana opsi kecepatannya mulai dari 60Hz, 90Hz, dan 120Hz. Bila tak ingin ribet, ada mode Smart yang akan mengatur refresh rate secara otomatis tergantung aplikasi atau game yang dijalankan.

Ditenagai MediaTek Helio G99

alt-img

Kalau HP dengan rentang harga Rp3 juta pakai MediaTek Helio G99, boleh lah kalian protes. INamun di kelas Rp2 jutaan, system on chip (SoC) ini tergolong lumayan ngebut lho. 

MediaTek Helio G99 adalah chipset 6nm dengan dua kluster CPU, yakni 2x performance-core Cortex A76 dengan kecepatan 2,2 GHz dan 6x efficiency-core Cortex A55 dengan kecepatan 2 GHz. 

RAM-nya 8 GB yang bisa di-upgrade dua kali lipat secara virtual. Memori penyimpanannya 256 GB yang bisa ditambah menggunakan microSD. Oiya, Infinix Hot 40 pro sudah dilengkapi SIM tray 2 SIM + 1 microSD.

alt-img

Infinix menghadirkan fitur gaming namanya XBoost, teknologi untuk meningkatkan performa smartphone ke level maksimal. Berbekal kerja sama dengan Free Fire pula, gamer dimungkinkan bermain pada frame rate 90 FPS, memberikan experience yang jauh lebih mulus ketimbang 60 FPS.

“Optimasi game-nya lengkap, Free Fire 90 FPS sudah unlock,” terang La Ode.

Di sektor baterai, Infinix Hot 40 Pro sudah ditopang oleh baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang didukung fast charging 33W. Adaptor dan kabel USB-C sudah termasuk dalam paket penjualan.

Kamera 108 MP

alt-img

Kini, Infinix Hot 40 Pro punya kamera 108 MP dengan dukungan electronic image stabilization (EIS), beda jauh dengan Hot 30 yang ‘hanya’ 50 MP saja. Kamera 108 MP adalah fitur yang lumayan mewah buat smartphone harga Rp2 jutaan.

Sensor ini disandingkan dengan sepasang kamera lainnya, makro 2 MP dan AI lens. Sementara di depan ada kamera selfie 32 MP, lagi-lagi lumayan banget buat smartphone di rentang harga ini.

Susunan kamera tersebut didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dapat mendeteksi skenario foto yang akan diambil pengguna, kemudian secara otomatis menyesuaikan pengaturan warna dan sebagainya untuk menghasilkan gambar lebih maksimal.

Teknologi AI ini juga mendeteksi saat pengguna memotret di kondisi temaram atau malam hari. Adapun untuk video, Infinix bisa merekam di resolusi Full HD dan 4K. Kalau merekam video dengan EIS yang aktif, frame rate-nya turun menjadi 30 FPS saja.

Infinix Hot 40 Pro akan tersedia mulai 22 Februari 2024 melalui skema flash sale secara online di Shopee dengan harga promo Rp2.049.000. Sementara harga normalnya dibanderol Rp2.199.000.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini