home ×
Telco

Mengukur Konsumsi Data PUBG Mobile di Jaringan 4G+

11 May 2020 By
Mengukur Konsumsi Data PUBG Mobile di Jaringan 4G+
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Game online multiplayer memang sedang sangat ramai, dan semakin sering dimainkan disaat orang-orang diminta tetap di rumah karena pandemi. Otomatis konsumsi data pun meningkat.

Player Unknown Battlegrounds alias PUBG adalah salah satu game Battle Royale yang paling populer, tak hanya di ponsel tapi sudah merambah ke konsol game dan komputer Windows dengan total pemain aktif lebih dari 400 juta.

pubg mobile

Di Indonesia pun demikian. Bahkan pada akhir 2019 lalu, tim dari Indonesia yang diwakili Bigetron RA berhasil menyabet juara di turnamen internasional PUBG Mobile Club Open Global Final 2019 Stage di Kuala Lumpur.

Kepopuleran PUBG juga tak lepas dari semakin banyaknya penggunaan ponsel pintar dan konsumsi data Internet. Karena seperti game online lainnya, PUBG pun menuntut penggunanya untuk terus online saat memainkannya. Tapi kabar baiknya ternyata PUBG tidak rakus data seperti game sejenisnya.

Untuk mengetahui hal itu kami coba memainkan PUBG di ponsel Android dengan koneksi data melalui jaringan 4G+ milik Indosat. Hasilnya?

pubg mobile size

Kami mencoba menggunakan paket data Freedom Kuota Harian dengan kuota 7GB dengan masa aktif 7 hari sebesar Rp39.900. Jika di rata-rata, maka dalam sehari, bisa dihabiskan sekitar 1GB (1024MB) data seharga Rp5.700.

Rata-rata konsumsi data untuk memainkan PUBG hanya sekitar 40 MB untuk setiap jam. Ini berarti dengan paket data Freedom Kuota Harian dari Indosat, hanya menghabiskan Rp136 untuk setiap jam bermain PUBG Mobile.

Konsumsi data tersebut akan bervariasi tergantung game yang kalian mainkan, misalnya Counter-Strike: Global Offensive yang mencapai 250 MB atau Fortnite yang mencapai 100 MB untuk setiap jamnya.

Nilai konsumsi data tersebut kami pakai hanya untuk memainkan semua pertandingan di dalam game, tidak termasuk mendownload peta baru atau item mall lainnya. Jika kalian membutuhkan itu maka sebaiknya berlangganan paket data yang besar atau unlimited.

Tapi perlu diingat. Saat memilih paket data Internet untuk gaming, pastikan provider di lokasi kalian sudah mendukung 4G atau 4G+. Karena game online sangat berpengaruh dengan kecepatan internet untuk berkomunikasi dengan teman main dan server game tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 15:39:59

kalau mainnya keseringan sudah pasti boros

Firko Piko 12 May 2020 | 05:16:28

sya prnh main pubg tapi ram tdk cuku lalu sy main ff

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article