home ×
News

Mengulik Asal-Usul Bulgogi, Hidangan Daging Panggang Asal Korea

22 August 2018 By
Mengulik Asal-Usul Bulgogi, Hidangan Daging Panggang Asal Korea
Share
Share
Share
Share

Asal-usul hidangan daging panggang favorit orang Korea.

Bulgogi, hidangan daging panggang asal Korea (Photo: Hansik)

Hampir seluruh penggemar Korea tentu pernah mencicipi Bulgogi. Hidangan daging yang diberi bumbu dan kemudian dipanggang ini telah menjadi favorit di kalangan penggemar Korea. Meskipun hidangan ini sudah tidak asing di telinga para penggemar Korea, banyak yang masih tidak tahu asal usulnya. Kali ini Korea Talks akan membahas mengenai hal tersebut. 

Yuk simak!

Bulgogi berasal dari kata Bul yang berarti ‘api’ dan juga Gogi. Bulgogi merupakan hidangan daging sapi yang diiris tipis yang telah dibumbui lalu dimasak dengan cara dipanggang. 

Jika mengulik asal-usul dari Bulgogi tentu tidak bisa melupakan nama awalnya. Hidangan daging panggang ini berawal dari hidangan Maekjeok. Mulai ada pada masa Kerajaan Goguryeo. Berdiri pada abad 37 SM, Kerajaan Goguryeo sendiri merupakan salah satu kerajaan awal Korea. 

Hidangan Maekjeok dari Goguryeo sendiri merupakan sebuah hidangan sate daging yang dipanggang. Hidangan inilah yang menjadi awal adanya hidangan bulgogi yang ada pada hari ini. Banyak catatan yang menyatakan bahwa bulgogi merupakan satu-satunya hidangan daging yang membumbuinya terlebih dahulu sebelum dipanggang. Namun China juga memiliki hidangan yang hampir serupa. Yang membedakan adalah urutan saat membumbuinya.

Karena telah dibumbui sebelum dimasak, hidangan Maekjeok tidak membutuhkan saus lagi. Akhirnya hidangan ini juga disebut dengan nama Mujang yang berarti ‘tanpa saus’. Setelah beberapa lama, hidangan ini kemudian menjadi salah satu bagian dari makanan kerajaan dan bangsawan. Makanan ini juga disebut dengan nama Neobiani, yang berarti ‘potongan daging 

Nah jadi itulah asal-usul dari Bulgogi. Untuk informasi tentang Korea lainnya, nantikan terus di Korea Talks!

Sumber: Hansik

(Ami)

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id