home ×
News

Menikmati Gerhana Bulan Sebagian dari Penjuru Indonesia

08 August 2017 By
Menikmati Gerhana Bulan Sebagian dari Penjuru Indonesia
Share
Share
Share
Share

Gerhana Bulan Sebagian atau Parsial yang puncaknya terjadi Selasa (8/8) adalah gerhana terakhir tahun ini yang bisa disaksikan masyarakat Indonesia. Gerhana ini bisa dilihat di semua kota di Indonesia sepanjang tidak tertutup awan.

Gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Berikut ini foto-foto keindahan Gerhana Bulan Sebagian dari berbagai daerah di Indonesia:

1. Jakarta

Mengutip user story Lorenz da Silva di kumparan, Planetarium Jakarta mengadakan open house untuk melakukan pengamatan Gerhana Matahari Sebagian bersama. Acara ini tidak dipungut biaya alias gratis. Pendaftaran dibuka pada tanggal 27 Juli 2017 pukul 8 pagi. 200 pendaftar pertama boleh ikut serta dalam acara ini. 50 pendaftar pertama bahkan mendapat snack malam dan sarapan pagi.

Pada pukul 23.00 WIB, peserta diajak untuk mengamati benda langit menggunakan teleskop. Ada 5 teleskop yang telah disediakan panitia. Peserta secara bergantian naik ke tempat pengamatan. Teman-teman dari Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ) memandu peserta dalam melakukan pengamatan menggunakan teleskop. Teleskop diarahkan ke Bulan dan Saturnus.

Sebuah pengalaman menyenangkan melakukan pengamatan bersama HAAJ dan Planetarium Jakarta.

2. Gianyar, Bali

Foto kolase fase Gerhana Bulan Sebagian yaitu awal gerhana (kiri), puncak gerhana (tengah) dan akhir gerhana (kanan) yang terpantau dari Kota Gianyar, Bali.

3. Indramayu, Jawa Tengah

Foto kolase Gerhana Bulan Sebagian di Indramayu, Jawa Barat.Sebanyak 20 persen permukaan bulan berada dalam bayang-bayang bumi dan terjadi pada pukul 00.22 WIB hingga puncaknya pada pukul 01.20 WIB. 

4. Surabaya

Foto kolase proses Gerhana Bulan Sebagian terlihat di kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/8). Fase gerhana bulan parsial berlangsung selama 1 jam 56,6 menit, dimulai dari pukul 00.22 WIB dan berakhir 02.18 WIB.

5. Pengamatan di Padang

Warga bersiap menyaksikan Gerhana Bulan Sebagain di Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Tradisi di Gorontalo

 

Sejumlah warga memukul ember, kaleng dan botol plastik saat gerhana bulan di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa (8/8) dini hari. Tradisi memukul berbagai benda di daerah tersebut dilakukan saat Gerhana Bulan atau Gerhana Matahari. 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id