icon-category Gadget

Menilik Kualitas Kamera Samsung Z Galaxy Fold4 5G

  • 31 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Samsung Galaxy Z Fold4 5G (Foto: Susetyo/Uzone.id)

    Uzone.id - Ponsel lipat dapat mengubah cara kalian mengambil foto, tetapi Samsung Galaxy Z Fold4 5G tidak akan mengubah kualitas gambar, jika itu yang pengguna cari.

    Itu kesimpulan awal yang kami rasakan sejak menggunakan Samsung Galaxy Fold4 5G selama beberapa hari terakhir. Fitur hingga sensornya merupakan peningkatan dari generasi sebelumnya.

    Masih ada lima kamera, dengan rincian seperti ini; kamera belakang ada lensa ultrawide resolusi 12 MP, sama seperti sebelumnya, lensa wide yang naik menjadi 50 megapiksel dari sebelumnya hanya 12 MP, sementara di lensa Tele memang turun dari resolusi 12 MP menjadi 10 MP, tetapi kemampuannya zoom naik menjadi 3x optical zoom.

    Sementara kamera depan masih sama dari sisi resolusinya yakni 10 megapiksel. Nah, ketika dibuka camera UDC-nya alias under display camera secara resolusi juga tetap yakni 4 megapiksel. tapi bedanya dengan yang sebelumnya tuh, kini versinya makin baru dan terlihat sangat samar.

    Mari Kita Bedah

    Kamera Wide di bagian belakang adalah sensor gambar ISOCELL GN5 50 megapiksel yang sama (setara 23mm) yang dimiliki Samsung di Galaxy S22 dan S22+.

    Kamera telefoto 10 megapiksel baru (setara 66mm) untuk Galaxy Z Fold4 5G juga merupakan hasil daur ulang dari kedua ponsel tersebut. Hanya 12 megapiksel ultra-wide (setara 13mm) yang tersisa sebagai sisa untuk susunan kamera belakang, sensor gambar yang sangat disukai Samsung untuk digunakan di mana pun.

    Sebetulnya sensor 50 megapiksel tidak memotret pada resolusi penuh secara default. Pixel binning menurunkannya menjadi 12,5 megapiksel untuk bidikan cahaya rendah yang lebih baik, meninggalkan mode 50MP sebagai alternatif saat pengguna menginginkannya.

    Mengingat antarmukanya hampir sama dengan ponsel Samsung lainnya, semua itu tidak akan terasa mengejutkan.

    Membandingkan kamera 10 megapiksel di layar Cover dengan kamera 4 megapiksel yang mencoba untuk tetap tersembunyi di bawah layar yang lebih besar bukanlah kontes. Soal kualitas ya so-so, walaupun menurut kami masih dalam batas aman.

    Tapi hei, itu jadi tdak terlalu penting karena faktor bentuk yang dapat dilipat memungkinkan siapa pun untuk mengambil selfie menggunakan kamera belakang yang jauh lebih baik, karena layar Cover menampilkan pratinjau untuk membingkai bidikan.

    Telephoto

    Lensa tele merupakan peningkatan, dan bahkan zoom hibrida mendapat manfaat dari sensor yang lebih baik yang digunakan Samsung di sini.

    Mengikuti rute ini juga meningkatkan zoom optik dari 2x menjadi 3x, meningkatkan panjang fokus yang setara dari 52mm menjadi 66mm. Bidikan zoom hibrida hingga 10x juga cukup bagus.

    Nightography

    Samsung juga membawa fitur Nightography yang sebelumnya ada di S Series di dalam jangkauan Galaxy Z Fold4 5G ini. Hasilnya, dibandingkan generasi sebelumnya jelas lebih bagus.

    Kontrasnya masih oke. White balance-nya juga dapat, bahkan ditambah lipatannya yang bisa berfungsi sebagai tripod mengambil foto long exposure pun jadi bisa dimana saja kapanpun.

    Intinya, Samsung Galaxy Fold4 menawarkan sensor gambar yang jelas lebih baik daripada yang dimiliki Fold sebelumnya. Bidikan siang hari dan cahaya redup lebih baik . Memotret dalam RAW dalam mode Pro memberi lebih banyak pekerjaan tapi memuaskan, meskipun noise masih menjadi masalah sedikit.

    Kesimpulan

    Membawa ekspektasi tinggi untuk kamera pada Galaxy Z Fold4 5G memang bukan pada titik itu. Namun meringkus foto untuk bersenang-senang pada ponsel lipat tentu saja ponsel ini sangat memuaskan.








    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini