icon-category Gadget

Menjajal Super Device Huawei, Semulus Apa?

  • 25 Mar 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Ekosistem Smart Office Huawei (Dok. Uzone.id)

Uzone.id - Huawei sudah lebih dulu memperkenalkan teknologi Super Device mereka di acara MWC 2022 beberapa waktu lalu di Barcelona. 

Super Device menciptakan kolaborasi antar perangkat Huawei menjadi lebih smooth dengan cara yang lebih mudah. Teknologi ini akan memberikan kemudahan baik itu untuk daily task maupun daily job.

“Di daily task, (Super Device) jauh lebih membantu dan smooth. Hal inilah yang sebenarnya ingin kami highlight lewat Super Device ini,” kata Edy Supartono, Training Director Huawei CBG Indonesia, Senin, (21/03/2022).

Kolaborasi ini membentuk sebuah ekosistem ‘Smart Office’ yang mendukung berbagai perangkat seperti tablet, smartphone, laptop dan lainnya menjadi sebuah kesatuan secara wireless.

Nah kali ini, Uzone berkesempatan melihat lebih dekat ekosistem Huawei ‘Smart Office’ dengan teknologi Super Device secara lebih dekat.

IMG_20220321_150852

Super Device akan memberikan konektivitas instan antar perangkat Huawei dengan cara menyeret (drag) perangkat yang terdeteksi dalam bentuk bubble di menu ‘Super Device’ perangkat, lalu menyatukannya dengan perangkat center (pusat).

Perangkat-perangkat yang dapat tersambung satu sama lain adalah Huawei MateBook, MatePad, PixLab, MateStation, MatePaper, Sound Joy, smartwatch dan bahkan FreeBuds.

Perangkat dapat terhubung melalui fitur/platform ‘Super Device’ yang membuat proses konektivitas lebih instan. Untuk laptop sendiri, proses konek ke Super Device bisa melalui PC Manager. 

Ada 3 opsi berbeda yang ditawarkan teknologi Super Device ini, yang pertama adalah Mirror, Extend dan juga Collaboration.

Dengan opsi Mirror, perangkat bisa menampilkan apa yang ada layar perangkat lainnya. Misal, ketika laptop disambungkan ke tablet menggunakan opsi Mirror, maka keduanya akan menampilkan layar yang sama.

IMG_20220321_151136

Selanjutnya, opsi Extend. Opsi ini hadir agar pengguna bisa mendapat tambahan layar dengan menyambungkan dua perangkat. Dengan ini, layar tablet bisa menjadi layar kedua dan laptop menjadi layar pertamanya sehingga aktivitas multitasking semakin mudah dilakukan.

Terakhir ada opsi Collaborate. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer file secara mudah hanya dengan metode drag-and-drop. Tinggal men-drag file yang dipilih di PC lalu men-drop nya di tablet.

Konektivitas Super Device antar perangkat ini pada dasarnya menggunakan Bluetooth untuk mendeteksi perangkat, namun ketika sudah tersambung dan ingin mentransfer file, perangkat akan menggunakan Wi-Fi Direct sehingga prosesnya menjadi lebih cepat.

Kemudahan teknologi Super Device ini sudah bisa dinikmati di OS terbaru Huawei, HarmonyOS 2.0 serta EMUI 12. Bagi laptop yang sudah lebih dulu meluncur bisa melakukan update PC Manager ke versi 12.0.2 atau versi yang terbaru untuk dukungan teknologi ini.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini