icon-category Telco

Menteri Kominfo Baru Optimis Proyek BAKTI BTS 4G Selesai Tahun Ini

  • 26 Jul 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Menkominfo, Budi Arie Setiadi optimis pembangunan BTS 4G di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) yang dilakukan BAKTI Kominfo akan tuntas tahun ini.

Optimisme ini disampaikan oleh Budi Arie ketika berkunjung ke Kantor Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) bersama dengan Wakil menkominfo Nezar Patria pada Selasa, (25/07).

"Kita yakin dan optimis setelah lihat NOC ini, tower sudah (terbangun) 96 persen,” tegasnya saat mengunjungi NOC BAKTI Kominfo di Centennial Tower, Jakarta Selatan, Selasa (25/07/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Menkominfo dan Wakil Menkominfo menyaksikan operasional Network Operation Center (NOC) BAKTI Kominfo yang menyajikan hasil pantauan layanan Base Transceiver Station (BTS) di daerah 3T yang sudah beroperasi.

Berdasarkan data per 16 Juli 2023, akumulasi capaian tahap 1 dan 2 dari total 5.618 BTS, tercatat 4.341 BTS sudah on-air dan sisanya 1.277 BTS belum on-air. 

"Sebanyak 1277 yang belum on-air. Dari jumlah tersebut, ada 743 lokasi sedang dalam progress pembangunan, 530 di antaranya sudah siap on-air. Ada 534 lokasi belum dimulai pembangunan di mana 519 di antaranya dikarenakan kondisi kahar keamanan dan 15 lokasi akibat kondisi geografis yang sulit," ungkap Direktur Infrastruktur BAKTI Kominfo, Danny Januar Ismawan.

Penyelesaian pembangunan BTS merupakan salah satu agenda Menteri Kominfo baru usai dilantik beberapa waktu lalu. 

Menjadi perhatian khusus dari Presiden Jokowi, proyek pembangunan BTS yang sempat tersendat karena kasus dugaan korupsi ini harus segera diselesaikan. 

"Hari Senin kemarin kita bersama semua pejabat Kominfo datang ke Kejaksaan Agung untuk meminta pendampingan. Karena hak rakyat untuk mendapatkan pelayanan BTS ini," tandasnya.

Tak hanya itu, Menteri Kominfo pun mengajak seluruh pegawai BAKTI Kominfo terus bekerja dan bergotong royong menuntaskan pembangunan BTS demi melayani kebutuhan masyarakat.

"Kita harus bekerja sama, gotong royong, dengan aparat hukum, BPKP. Kepentingan kita adalah bagaimana kita bisa melayani masyarakat ini dengan sebaik-baiknya," ungkap Budi Arie.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini