icon-category Technology

Menuju Perusahaan Travel Digital, AirAsia Adopsi Komputasi Awan Oracle

  • 08 Apr 2019 WIB
  • Bagikan :

    Maskapai penerbangan AirAsia mengumumkan kerja sama dengan perusahaan penyedia layanan otomatisasi infrastruktur digital Oracle. AirAsia bakal menggunakan layanan komputasi awan Oracle, yakni Enterprise Resource Planning (ERP) Cloud untuk menyederhanakan operasi keuangannya.

    CEO Grup AirAsia Tony Fernandes mengatakan bahwa perusahaannya tengah memanfaatkan momentum untuk mengarahkan bisnis dan merek AirAsia menjadi lebih dari sekadar perusahaan maskapai penerbangan. “AirAsia akan menjadi perusahaan digital ‘travel technology’ yang mengedepankan kecerdasan dan konektivitas,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (8/4).  

    (Baca: Setelah Hentikan Traveloka, AirAsia Kaji Penjualan Tiket Via Tiket.com)

    CFO Grup AirAsia Pattra Boosarawongse menambahkan, operasi keuangan yang adaptif dan cerdas merupakan salah satu pendukung kesuksesan bisnis. Apalagi, data keuangan dapat tersedia secara realtime sehingga mempermudah pengambilan keputusan penting.   

    Menurutnya, tim keuangan perlu merekonsiliasi data keuangan dengan beragam mata uang dan melakukan transaksi dengan mitra di berbagai negara. “Oracle ERP Cloud akan membantu kami menyederhanakan, menstandarkan, dan mengotomatisasi operasi keuangan kami di seluruh grup, serta mengurangi pekerjaan yang sifatnya administratif, sehingga tim bisa fokus pada pengembangan bisnis,” ujarnya.

    (Baca: Air Asia dan Sinar Mas Investasi ke Platform Chat Bisnis Thailand)

    Sementara itu, CEO Oracle Mark Hurd mengatakan, layanannya memberikan landasan kuat bagi pertumbuhan AirAsia yang berkelanjutan. Ia juga mengklaim bahwa Oracle ERP Cloud bisa memperkuat kepemimpinan AirAsia di industri penerbangan di ASEAN.

    Sejauh ini, terdapat lebih dari 6 ribu pelanggan lintas geografi dan industri yang telah menggunakan Oracle ERP Cloud sebagai platform keuangan. Mark mengklaim, Oracle ERP Clou mempercepat dan mempermudah perusahaan mengadopsi inovasi terbaru, baik kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), asisten digital, pemrosesan bahasa alami, blockchain, dan Internet of Things (IoT).

    (Baca: Schneider Electric Ramaikan Bisnis Cloud di Indonesia)

    Dengan begitu, menurutnya, Oracle ERP Cloud membantu perusahaan meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan meningkatkan kontrol. Oracle ERP yang terintegrasi dengan sistem bisnis AirAsia pun dinilai bisa memberikan sumber yang benar terkait fungsi keuangan dan pengadaan.

    Selain itu, Oracle Cloud dapat membantu AirAsia mengelola dan meningkatkan rekonsiliasi akun global serta menghubungkan lini bisnis yang berbeda sehingga operasi menjadi lebih lancar. Oracle Cloud juga bisa meningkatkan kualitas pengambilan keputusan, serta memfasilitasi analisis dan pelaporan bisnis inti perusahaannya.

    (Baca: Amazon Web Services Segera Buka Data Center di Indonesia)

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini