home ×
Auto

Menyulap Honda BeAT jadi Listrik, Cara Instan Pemerintah Wujudkan era Motor Listrik?

01 September 2020 By
Menyulap Honda BeAT jadi Listrik, Cara Instan Pemerintah Wujudkan era Motor Listrik?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Selain sudah mulai banyak yang memproduksi lokal motor-motor listrik, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian juga menyiapkan cara instan untuk mewujudkan era motor listrik di Tanah Air.

Kemenperin menegaskan terus mendorong industri kendaraan listrik segera berjalan, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Perpres 55/2019 merupakan wujud nyata pemerintah untuk memacu industri otomotif di dalam negeri segera merancang dan menyiapkan kendaraan bertenaga baterai di Indonesia.

BACA JUGA: Honda Jazz Pakai Sunroof Resmi Dijual, Harga Rp148 Juta

“Kebijakan mengenai kendaraan listrik ini juga berkaitan erat dengan pengembangan ekosistemnya yang dibagi menjadi dua hal,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika, dalam siaran persnya.

Pertama, dalam Perpres percepatan kendaraan listrik terdapat pembagian tugas-tugas bagi kementerian, antara lain penyediaan infrastruktur, penelitian dan pengembangan (R&D), serta regulator.

Kedua, mendukung implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2013 yang terkait dengan sistem fiskal perpajakan yang akan mengacu pada tingkat emisi kendaraan.

“Nantinya keseluruhan perkembangan teknologi dan regulasi kendaraan listrik akan berlaku pada tahun 2021 mendatang,” tambah Putu.

Pemerintah memberi waktu 2-3 tahun bagi industri untuk melakukan investasi.

Perpres kendaraan listrik ini pun akan mengatur tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) kendaraan listrik produksi Indonesia hingga dapat mencapai 35%.

Cara instannya adalah, dengan menyulap skutik-skutik kompak semisal Honda BeAT cs untuk menjadi motor listrik.

Skutik yang akan dikonversi tak hanya diubah sumber tenaga penggeraknya saja, tetapi juga kustomisasi tampilannya agar lebih futuristis.

Basis skutik konvensional yang sudah dijual di pasaran akan ditambahkan seperangkat pendukung kendaraan listrik, seperti MID dan seperangkat pertombolan lainnya.

Skutik listrik tersebut akan dibekali dengan baterai berkapasitas 60 Volt 20 Ampere dari basis baterai bawaan 18650 mAh. Diharapkan mampu menempuh jarak 90-100 km untuk sekali pengisian.

Butuh waktu 4-5 jam untuk mengisi ulang baterainya dari kosong sampai full dan sudah terdapat fitur autocut agar saat sudah penuh, daya listrik akan terputus secara otomatis, agar tidak merusak baterai.

Skutik hasil sulapan dari motor konvensional ini nantinya diklaim punya usia pemakaian baterai mencapai 6 tahun.

Dan kalau kalian penasaran bakal seperti apa sosoknya, sabar, tunggu gelaran IMX 2020 pada 10 Oktober mendatang yang digelar secara online.

VIDEO Kelebihan dan Kekurangan Xpander Cross

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article