icon-category Travel

Menyusuri Sungai Sambil Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan

  • 01 Nov 2018 WIB
  • Bagikan :

    (Pasar terapung Lok Baintan/Kumparan)

    Uzone.id - Kalimantan Selatan memiliki sungai-sungai yang elok, yang mengalir di sepanjang kota. Sungai ini kerap dimanfaatkan warga setempat sebagai sumber perputaran roda ekonomi. Mereka menyulap sungai menjadi pasar terapung.

    Mengutip Pesona Indonesia, terdapat tiga pasar terapung di Kalimantan Selatan. Pasar terapung Lok Baintan adalah yang paling terkenal.

    Pasar terapung Lok Baintan terletak di Sungai Martapura, Desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar. Pasar terapung ini beroperasi sejak setelah waktu salat subuh sampai pukul setengah sepuluh pagi waktu setempat.

    Baca: 5 Museum Paling Populer di Dunia

    Sementara itu mengutip Indonesia Kaya. puncak keramaian Pasar terapung Lok Baintan berlangsung sekitar pukul enam sampai tujuh pagi waktu setempat.

    Kamu bisa mengunjungi pasar ini via darat dari Kota Banjarmasin. Waktu tempuhnya sekitar 60-90 menit. Bila ingin merasakan sensasi yang berbeda, kamu bisa menggunakan kelotok alias perahu bermotor.

    Waktu tempuh menggunakan kelotok berkapasitas maksimal 15-20 penumpang ini hampir sama dengan perjalanan darat. Semua bergantung pada kondisi arus sungai yang tidak menentu sesuai perubahan musim.

    Baca: Catat, Ini Tanggal Traveloka Travel and Lifestyle Fair 2018

    Begitu tiba di pasar terapung, kamu akan melihat banyak sekali ibu-ibu. Mengutip Pesona Indonesia, pasar terapung Lok Baintan memang didominasi oleh ibu-ibu, atau dalam Bahasa Banjar disebut acil-acil.

    Umumnya transaksi jual-beli di pasar ini berlangsung di atas perahu kecil bernama jukung. Namun ada pula yang membeli dari pinggir sungai.

    Kamu juga akan melihat beragam barang yang dijajakan, mulai dari hasil perkebunan dan pertanian, hasil sungai, hingga kue-kue kudapan. Kalau lapar, kamu bisa membelinya dan memakannya langsung di atas kelotok.

    Baca: Jungle Fest, Tempat Liburan Asyik untuk Kamu yang Tinggal di Sekitar Jakarta

    Di antara para pedagang pun tak jarang bertransaksi dengan sistem barter alias perdagangan dengan saling bertukar barang. Namun hampir semua pengunjung membeli dengan uang.

    Mengutip Indonesia Kaya, waktu terbaik untuk mengunjungi pasar terapung Lok Baintan adalah saat hari pasar, yaitu Jumat. Pasar ini kerap ramai oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

    Berbelanja di pasar terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, pasti akan mejadi pengalaman berkesan dan tidak terlupakan. Kamu akan menyusuri sungai sambil berbelanja, dan itu adalah aktivitas yang super seru.

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini