home ×
Digilife

Meramal Pandemi Corona 2021 Menurut Penerawangan Bill Gates

01 January 2021 By
Meramal Pandemi Corona 2021 Menurut Penerawangan Bill Gates
Share
Share
Share
Share

Foto: Dok. Facebook Bill Gates

Uzone.id - Tahun 2021 dimulai hari ini dan pandemi Corona masih melanda. Lalu bagaimana kondisinya di sepanjang tahun 2021 ini?

Bill gates, yang memang terkenal aktif sejak pandemi Corona melanda dunia, di blog resminya kembali menerawang kondisi yang sekiranya bakal terjadi terkait dengan pandemi Corona secara global.

Dia memprediksi sejumlah hal yang sekiranya mungkin terjadi di sepanjang tahun 2021 ini, dan ini diantaranya:

BACA JUGA: Kejutan Teknologi dan Layar Baru Samsung pada 6 Januari 2021

 

Situasi Memburuk Karena Musim Dingin dan Pasca Liburan

Warga dunia masih harus menghadapi kondisi yang buruk terlebih dahulu di paruh pertama tahun 2021 ini. Salah satu penyebabnya, musim dingin di sejumlah belahan dunia barat dan pasca tahun baru, dimana banyak warga yang liburan.

Apalagi Amerika sudah memasuki musim dingin saat ini. Berkaca pada penelitian sebelumnya, virus Corona lebih ganas saat suhu udara dingin dan kurang bisa bertahan saat suhu panas.

"Pandemi Corona di musim gugur akan jadi lebih buruk daripada musim panas. Seluruh angka penderita Corona meningkat dan selalu ada peluang besar di saat orang berada di dalam ruangan dan suhu makin dingin, bahwa kita akan melihat lebih banyak penularan," kata Gates.

Jadi sebelum diberikannya vaksin secara massif, pertambahan penderita virus Corona masih meningkat. "Dalam 4 atau 5 bulan mendatang sebenarnya akan terlihat cukup suram, kecuali kita sungguh-sungguh menggandakan sikap kita," tambahnya.


Vaksin Corona Ampuh Menangkal Pandemi

Pemerintah disejumlah belahan dunia sedang mempersiapkan pendistribusian vaksin, karena beberapa vaksin Corona sudah disetujui setelah terbukti efektif, yaitu buatan Pfizer, Moderna dan terakhir AstraZeneca yang baru lolos regulasi di Inggris.

"Dengan kabar baik dari Pfizer dan Moderna, kami pikir sekarang kemungkinan AstraZeneca, Novavax dan Johnson & Johnson juga akan menunjukkan keampuhan yang kuat," kata Gates.

Menurut Gates, vaksin virus Corona buatan AstraZeneca, Novavax dan Johnson & Johnson lebih mudah untuk diproduksi dalam jumlah yang banyak dengan biaya yang rendah dan tidak memiliki ketentuan temperatur yang sama seperti dua vaksin lainnya.

Tapi tetap da kemungkinan persediaan vaksin di seluruh dunia pada tahun 2021 akan terbatas, tapi jika vaksin lainnya juga berhasil akan sangat membantu, terutama di negara berkembang.


Pandemi Corona Bisa Berakhir Tahun Ini

Dengan berbagai vaksin yang sudah bisa diproduksi dalam skala besar-besaran, Gates merasa optimis pandemi Corona bisa dikendalikan sampai akhir tahun 2021.

Untuk memperlambat pandemi Corona dan akhirnya menghentikannya, menurut Gates tidak perlu melakukan imunisasi pada semua orang.

Dia mencontohkan kondisi di Amerika Serikat. Seandainya minimal 30 persen sampai 60 persen populasi diberi vaksin Corona, persentase itu sudah cukup untuk membentuk imunitas kelompok.

"Akhir dari pandemi Corona, skenario terbaik mungkin adalah di 2022. Namun selama 2021, angkanya seharusnya bisa kita turunkan, jika kita mengambil pendekatan global," kata Gates.


Kehidupan Bisa Kembali Pulih dan Perlahan Normal Kembali

Bill Gates sebenarnya sudah beberapa kali mengutarakan prediksinya, kalau kehidupan warga khususnya di Amerika Serikat akan mulai kembali pulih seperti sebelumnya di musim semi 2021.

"Pada musim panas mendatang, AS akan mulai kembali ke normal. Dan pada akhir tahun 2021, aktivitas juga akan cukup normal, jika kita juga membantu negara-negara lain," katanya.

Meskipun akan masih ada beberapa pembatasan, misalnya kerumunan besar publik, angka kasus dan kematian akan mulai banyak menurun, setidaknya di negara-negara kaya, dan kehidupan akan jauh lebih mendekati normal daripada sekarang.

"Pada musim semi 2021, vaksin dan perawatan yang Anda baca di berita akan mulai menjangkau skala yang berdampak secara global," tutupnya.

VIDEO Jalan-Jalan ke Gudang Pintar TokoCabang dari Tokopedia

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article